Mencari Kelipatan Persekutuan Terkecil dengan Rumus Excel LCM

Rumus excel lengkap-kali ini ingin menguraikan tentang cara mencari kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dengan menggunakan rumus excel LCM. KPK yaitu bilangan bulat paling kecil yang merupakan kelipatan dari semua argumen bilangan bulat.

Dalam ilmu matematika Kelipatan Persekutuan Terkecil atau lebih dikenal dengan sebutan KPK dari dua bilangan merupakan bilangan bulat positif terkecil yang dapat habis dibagi oleh kedua bilangan tersebut.

Adapun rumus excel LCM merupakan salah satu yang berfungsi untuk mencari kelipatan persekutuan terkecil bilangan bulat. Dengan menggunakan rumus ini diharapkan hasil perhitungan lebih akurat dan tentunya bisa lebih cepat dan mudah. Sintaks rumus excel LCM adalah:
=LCM(Number1,number2,..)
Keterangan:
Number1, number2,...    Number1 diperlukan, angka selanjutnya adalah opsional. Nilai 1 sampai 255 yang ingin Anda cari KPK-nya. Jika nilai bukan bilangan bulat, maka bilangan tersebut dipotong.
Dalam mengoperasikan rumus ini, jika ada argumen yang nonnumerik, maka rumus excel LCM akan mengembalikan nilai kesalahan #VALUE!.
Jika ada argumen yang kurang dari nol, maka rumus excel LCM akan mengembalikan nilai kesalahan #NUM!.
Jika LCM(a,b) >=2^53, maka rumus excel LCM akan mengembalikan nilai kesalahan #NUM

Contoh penggunaan rumus excel LCM
berikut ini contoh data mengoperasikan rumus excel LCM
contoh data mengoperasikan rumus LCM

Dari data di atas menunjukkan bahwa kelipatan persekutuan terkecil dari 10,8 adalah 40.
KPK dari 30 dan 25 adalah 150, dan sterusnya
Adapun bentuk penulisan rumus untuk contoh data di atas sebagai berikut.
C2=LCM(A2;B2) enter dan seterusnya.
Demikian pembahasan cara mencari kelipatan persekutuan terkecil bilangan bulat dengan menggunakan rumus excel LCM. Semoga manfaat dan membantu anda menyelesaikan tugas-tugas yang ada.