Mencari Persentase Penjualan Dengan Rumus Microsoft Excel

Sahabat rumus excel lengkap yang berbahagia, mari kita lanjutkan belajar kita tentang program microsoft excel, terutama mengenai penggunaan rumus dan fungsi dalam excel.
Banyak fasilits yang  disediakan excel bagi pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan-oekerjaan yang berhubungan dengan data tabel, baik berupa angka maupun teks.
Kesempatan yang baik ini rumus excel lengkap ingin berbagi pengetahuan tentang menghitung persentase suatu data tertentu, biasanya penggunaan rumus ini dioperasikan dalam proses mencari persentase usaha sehingga diketahui perkembangan usaha tersebut.

Penggunaan Rumus Microsoft Excel dalam Mencari Nilai Persentase Penjualan
Menurut bahasa persentase adalah nilai perbandingan atau rasio yang menyatakan pecahan dari angka genap 100. Adapun menurut istilah matematika, persentase atau perseratus adalah sebuah angka atau perbandingan (rasio) untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase sering ditunjukkan dengan simbol "%".
Persentase amat berguna karena orang dapat membandingkan hal yang tidak sama angkanya.
Jika dilakukan secara manual, rumus  dasar mencari persentase adalah sebagai berikut:
Persentase dari Nilai =Nilai/(Total Nilai) x100%
Dengan memahami rumus-rumus excel, diharapkan proses penghitungan itu akan lebih cepat dan efesien serta menghasilkan data yang akurat.

Sebagai contoh Menghitung Persentase Penjualan dengan Rumus Excel lihat data di bawah ini:
contoh data mencari presentase

Data di atas masih belum terisi secara keseluruhan, Nah…Sebelum menghitung Presentase Hasil Penjualan, terlebih dahulu kita hitung Jumlah Sisa stok supaya rekap dari data diatas lebih jelas.

  • Rumus excel untuk menghitung Total Jumlah yaitu G7=Sum(C7:F7)
  • Rumus excel untuk menghitung Sisa Stok kita gunakan operator matematika Minus (-), yaitu H7=C7-G7

Maka Hasilnya sebagai berikut:
contoh data mencari presentase

Setelah selesai mencari nilai Jumlah Barang Laku dan Sisa Stock yang ada, selanjutnya kita menghitung Prosentase Hasil penjulan

Untuk mencari nilai Presentase Hasil Penjualan, Ada beberapa metode, antara lain;
Pertama, menghitung secara manual dengan angka atau nilai yang ada, yaitu dengan menggunakan rumus standar matematika dan menggunakan isi sel yang ada, rumus yang digunakan sebagai berikut:

  • =Jumlah Barang Laku di bagi Jumlah Stok x 100, kemudian enter, atau
  • =80/300*100, kemudian enter

Menghitung Persentase dengan Rumus Excel sebagaimana metode rumus di atas kurang efesien karena tidak bisa dilakukan fill handle (menarik hasil rumus ke bawah secara otomatis), jika kita ingin melihat hasil pada baris-baris di bawahnya maka harus menulis rumus lagi satu persatu tiap baris hingga akhir.

Kedua, rumus dengan menggunakan alamat cell dan angka seratus.

  • =G7/C7*100 kemudian tekan enter.
dimana:
G7 adalah Jumlah Barang Laku, dan
C7 adalah Jumlah Stock.

Ketiga, rumus dengan menggunakan alamat cell dan di tambah simbol persen (%) pada akhir cell. Penulisan rumus sebagai berikut:

  • =G7/C7%

Untuk lebih jelasnya lihat hasil perumusan di bawah ini.
hasil penggunaan rumus excel presentase


Catatan:

  • Apabila angka hasil perumusan muncul lebih dari 2 angka, anda bisa atur menggunakan fasilitas Decrease Decimal sehingga menjadi 2 angka
  • Apabila data yang anda kelola banyak, anda cukup menarik kotak pertama hingga seluruh data maka secara otomatis akan muncul dengan akurat. menggunakan fill handle

Demikian sedikit pengetahuan dari rumus excl lengkap tentang Penggunaan Rumus Microsoft Excel untuk Mencari Nilai Presentase dalam mencari Hasil Penjualan sebuah usaha. semoga manfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Mencari Persentase Penjualan Dengan Rumus Microsoft Excel"