Tutorial Penggunaan Rumus Excel Vlookup Paling Lengkap

Funsi dan Rumus excel lengkap memberikan tutorial dan contoh penggunaan rumus Excel Vlookup paling komprehensif. Pada kesempatan yang lalu telah membahas tentang Rumus Excel Lookup disertai pembagian dan contoh penggunaannya dalam mengolah lembar kerja terutama yang berhubungan dengan angka-angka.

Fungsi lookup sebagaimana yang telah kita ketahui adalah fungsi untuk mengembalikan nilai dari satu baris atau satu kolom berbagai atau dari array. Maksudnya adalah ketika dalam proses penghitungan pada sebuah tabel dibutuhkan referensi dari tabel lain. Fungsi Lookup juga berarti mengembalikan sebuah nilai baik dari range satu baris maupun satu kolom atau dari sebuah array.

Fungsi Lookup di bagi menjadi 2 yaitu rumus excel Vlookup seperti dalam artikel ini dan rumus excel Hlookup seperti disampaikan dalam artikel sebelumnya. Postingan kali ini kami ingin memfokuskan pembahasan hanya tentang rumus Vlookup excel besarta contoh-contoh penggunaanya.

Daftar isi Pembahasan Rumus Vlookup
  • Pengertian rumus Vlookup excel 2007
  • Rumus dasar atau sintaks rumus Vlookup excel 2007
  • Contoh penggunaan rumus Vlookup excel 2007

A. Pengertian rumus Vlookup excel 2007

Fungsi atau rumus Vlookup excel ini digunakan untuk mencari nilai di kolom paling kiri tabel referensi, dan kemudian mengembalikan sebuah nilai dalam baris yang sama dari sebuah kolom yang di tetapkan dalam tabel referensi. Menggunakan fungsi Vlookup hanya jika  nilai-nilai perbandingan berada di kolom sebelah kiri data yang ingin ditemukan.
Fungsi ini digunakan untuk melakukan penghitungan yang range datanya disusun secara Vertical, range data bisa di beri nama tertentu untuk memudahkan.

B. Rumus dasar atau sintak rumus Vlookup excel 2007

Setelah mengetahui secara singkat pengertian dari rumus excel Vlookup, selanjutnya hal yang sangat penting untuk dipelajari adalah rumus dasar atau sintaks dari rumus tersebut, sehingga dalam penulisan rumus Vlookup bisa sesuai dan hasilnya pun sesuai.

Sintaks rumus Vlookup excel
          =VLOOKUP(lookup_value;tabel_array;col_index_num)

Penjelasan sintaks di atas sebagai berikut;
Lookup_value adalah nilai yang akan dicari. lookup_value dapat berupa sebuah nilai, referensi, atau string teks.
Tabel_array adalah area data pada tabel pencarian. tabel informasi/referensi, tabel ini dapat berupa range, atau nama range.
Col_index_num adalah nomor indek kolom pencarian dari tabel pencarian.

Beberapa keterangan tentang col_index_num;
==Jika col_index_num bernilai 1, maka nilai-nilai yang dihasilakn/dikembalika berada pada kolom kedua pada tabel referensi; demikian seterusnya.
==Jika col_index_num bernilai kurang dari 1, maka fungsi VLOOKUP akan mengembalikan nilai kesalahan berupa # VALUE!,
==jika col_index_num lebih besar daripada jumlah kolom tabel referensi, maka fungsi VLOOKUP akan  mengembalikan nilai kesalahan tersebut berupa # REF! .
tabel_array pada rumus vlookup excel bisa menggunakan nama range.

Cara memberi nama range.
a. Blok range datanya.
b. Klik menu Insert kemudian Define.
c. Setelah dibuka dialoq Define Name, ketik nama range pada Names In Workbook.
d. Kemudian klik tombol Add.
e. Klik Ok untuk mengakhiri.

Catatan: Untuk membuat nama range harus mengikuti ketentuan sebagai berikut:
1. Tidak boleh ada spasi.
2. Tidak boleh menggunakan operator matematika maupun logika.
3. Maksimum 8 karakter.
4. Tidak boleh menggunakan nama yang sama dengan nama sel.

Cara menuliskan rumus Vlookup excel.
Penulisan rumus terhadap data yang akan dikelola bisa dilakukan dengan beberapa cara;
• Penulisan rumus dengan menggunakan alamat cell.
Contoh =Vlookup(B2;$B$10:$D$15;2).

Penting: Penulisan table_array (;$B$10:$D$15) harus diberi tanda $ artinya menjadi alamat cell absolut, agar ketika disalin ke cell lain tidak berubah.

Penulisan rumus dengan menggunakan nama range pada tabel_array.
Contoh : Vlookup(B2;TABEL;2).

Penulisan rumus dengan menggunakan Function Arguments Vlookup.
Berikut gambarnya.
fungsi argument untuk rumus vlookup excel

C. Contoh penggunaan Rumus Vlookup Excel 2007.


Berikut beberapa contoh untuk rumus Vlookup excel.
Contoh 1.
Laporan Penjualan Barang.
Ketentuan penulisan rumus sebagai berikut:
1. Nama barang dan harga diambil dari tabel sesuai dengan kode barang.
2. Discount diambil dari tabel sesuai dengan nama barang dikalikan dengan harga.
3. Total Harga = Harga dikurangi Discount.
Lihat data di bawah ini:
Contoh rumus vlookup excel
 Penulisan rumus data di atas sebagai berikut:
Mencari Nama Barang.
C5=Vlookup(B5;$B$16:$E$19;2)
Mencari Harga.
D5=Vlookup(B5;$B$16:$E$19;3)
Mencari discount.
E5 =VLOOKUP(B5;$B$16:$E$19;4)*D5
Mencari Total Harga.
F5=D5-E5

Contoh 2
Daftar Nilai Kursus Komputer.
Lihat data di bawah ini
Contoh rumus Vlookup dengan Nama range
Penulisan rumus di atas adalah

  • Rumus untuk mencari kelas di cell D5  =VLOOKUP(C5;TABEL;2)
  • Rumus untuk mencari Rata-rata di cell H5 =(Average(E5:G5)
  • Rumus untuk mencari Predikat di cell I5=VLOOKUP(H5;Predikat;2)
  • Rumus untuk mencari Keterangan di cell J5 =VLOOKUP(H5;Predikat;3)

Bentuk rumus pada data di atas menggunakan Nama Range.

Demikian tutorial dan contoh penggunaan Rumus Excel Vlookup Excel 2007, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di tutorial berikutnya.

0 Response to "Tutorial Penggunaan Rumus Excel Vlookup Paling Lengkap"