Cara Menghitung Jumlah dan Rata-Rata Pada Tabel Microsoft Word 2007

Artikel ini di awali dengan sebuah pertanyaan. Apakah bisa menjumlah dan atau mencari rata-rata pada tabel microsoft word?
Jawabannya tentu bisa, gimana caranya?.....lihat tulisan berikut di bawah ini!
Memang selama ini program aplikasi Microsoft Office yang biasa dan mudah dioperasikan untuk melakukan penjumlahan dan mencari rata-rata adalah Microsoft Office Excel, sehingga sangat jarang orang menggunakan Microsoft Office Word untuk melakukan operasi data tersebut. Padahal dalam Microsoft Office Word juga disediakan yang namanya Formula sebagai media untuk melakukan perhitungan matematik. Kali ini formula yang akan dibahas adalah Jumlah (SUM) dan Mencari Rata-rata (Average)
Pada lembaga-lembaga kursus tertentu, materi ini jarang disampaikan, karena orang akan lebih memilih program Excel yang lebih mudah, cepat dan akurat, dibanding dengan program Word yang memang agak ribet dalam penggunaannya.
Mari kita coba mempraktekkan penghitungan dengan menggunakan Microsoft Office Word.
Lihat gambar tabel berikut
No
Nama
Nilai IPA
Nilai Biologi
Nilai MTK
Nilai IPS
Jumlah Nilai
Rata-rata Nilai
1
Rudi
75
80
77
85


2
Anas
78
76
80
87


Jumlah Total


Mari kita hitung jumlah nilai untuk no 1. Caranya adalah
Ø  Letakkan kursor pada sel atau kotak di bawah jumlah nilai
Ø  Klik menu tab Layout >> pada kelompok data klik Formula
ikon formula ms word

Ø  Setelah di klik formula, akan muncul dialog Formula sebagai berikut
kotak dialog formula
Ø  Selanjutnya tentukan Formula yang digunakan (misal SUM)
Ø  Tentukan pula arah penghitungan, ke kiri atau kanan, ke bawah atau ke atas. (misal LEFT >> untuk menghitung data di sebelah kiri kursor)
Ø  Atur number format dan paste function—jika perlu—
Ø  Klik Ok untuk menampilkan hasilnya.
Lihat hasilnya.
No
Nama
Nilai IPA
Nilai Biologi
Nilai MTK
Nilai IPS
Jumlah Nilai
Rata-rata Nilai
1
Rudi
75
80
77
85
317

2
Anas
78
76
80
87


Jumlah Total


Begitu juga untuk baris n 2, langkah dan caranya sama.
Selanjutnya menghitung Rata-rata Nilai, baris no 1
Ø  Pada posisi kotak dialog formula
Ø  Hapuslah “SUM(Left)” yang ada pada tab ribbon formula.
Ø  Klik anah panah sebelah tab ribbon Paste function.
Ø  Klik rumus AVERAGE(LEFT) atau ketik MANUAL
Ø  Setelah selesai klik OK untuk meng-iya-kan
Lihat contoh di bawah ini dan bandingkan
No
Nama
Nilai IPA
Nilai Biologi
Nilai MTK
Nilai IPS
Jumlah Nilai
Rata-rata Nilai
1
Rudi
75
80
77
85
317
126.8
2
Anas
78
76
80
87

80.25
Jumlah Total


Keterangan.
Pada baris no 1 nampak hasil penghitungan rata-rata nilai mencapai ratusan, hal itu dikarenakan hasil hitung pada jumlah nilai ikut dihitung, sementara
Pada baris no 2 hasil rata-rata nilai hanya mencapai puluhan. Bentuk penulisan ke dua baris tersebut adalah sama.
Bagaimana dengan menghitung jumlah total? Silahkan anda coba praktekkan dan kembangkan sendiri sesuai data yang anda buat.
Sekian dulu bahasan tentang cara menghitung jumlah dan rata-rata pada tabel Microsoft Office Word yang tidak sesempurna sebagaimana materi di tempat kursus ataau tutorial profesional. Harap dimaklumi, trimaksih.

0 Response to "Cara Menghitung Jumlah dan Rata-Rata Pada Tabel Microsoft Word 2007"