Rumus Excel Forecast – Mengubah Excel Menjadi Mesin Prediksi

Fungsi FORECAST adalah salah satu rumus statistik pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengembalikan nilai di sepanjang tren linear.

Rumus Excel Forecast dengan secara mengejutkan dapat mengubah Excel menjadi mesin prediksi yang bisa diandalkan hasilnya. Meski tak 100% benar, namun Anda bisa menciptakan target dari sini. Excel tidak hanya bekerja sebagai lembar kerja dengan penuh tabel di dalamnya. Di dalam Excel, Anda juga bisa menggunakan dan mengeksplorasi lembar kerja Excel ini lebih dalam lagi. Dengan menggunakan fungsi rumus Forecast, Anda bisa mengubah Excel menjadi lebih menyenangkan dan tak disangka-sangka.

Menggunakan fungsi ini, akan mengubah Excel dapat ‘meramalkan’ hasil kerja Anda dalam beberapa waktu ke depan. Seperti contohnya Anda memiliki perusahaan, di mana Anda memiliki target akan memproduksi 1.000 barang produksi, lalu berapa bahan baku yang akan Anda butuhkan? Maka Excel dapat memberikan jawaban atas pertanyaan Anda ini. Ilmu prakiraan dari Excel ini sering digunakan oleh perusahaan besar untuk melihat berapa bahan baku, penjualan atau hasil lainnya untuk beberapa waktu ke depan.

Cara Menggunakan Rumus FORECAST Excel Sebagai Fungsi statistik

Penggunaan rumus Excel Forecast ini disimpulkan dengan sintak:
FORECAST(x_dicari,y_diketahui,x_diketahui)
Seperti contoh di bawah ini, asumsikan Anda memiliki perusahaan tempe yang tengah maju. Dalam satu harinya, Anda harus memenuhi target kebutuhan tempe sebanyak 200.000 buah tempe per harinya. Untuk memenuhi target tersebut, Anda berencana ingin menambah alat produksi berupa mesin pencetak tempe.

Namun Anda tak yakin, berapa banyak mesin yang akan Anda butuh kan untuk mencapai target tersebut. Maka berikut ilustrasinya.
rumus prediksi dengan funsi forecast excel

Untuk melakukan perhitungan di atas, maka Anda bisa menggunakan rumus sintak rumus seperti berikut ini
=FORECAST(10,B2:B6,A2:A6). 
Dengan penggunaan rumus tersebut, Anda bisa melihat hasil yang diberikan oleh Excel dan Anda akan mengetahui kemampuan mesin untuk mencapai target yang diinginkan dengan mudah dan cepat. Tak perlu lagi Anda melakukan perhitungan dengan secara manual dan memakan waktu yang lama.

Tentunya dengan menggunakan rumus ini, semua pekerjaan Anda terkait prediksi dan perhitungan yang melibatkan kemampuan produksi atau perhitungan di masa depan, akan sangat terbantu dengan menggunakan rumus Excel Forecast

Begitulah penjelasan Fungsi FORECAST Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus FORECAST sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi statistik.

1 Response to "Rumus Excel Forecast – Mengubah Excel Menjadi Mesin Prediksi"

  1. Thanks for the different tips discussed on this blog site. I have observed that many insurance carriers offer prospects generous deals if they choose to insure several cars with them. A significant volume of households currently have several vehicles these days, in particular those with old teenage kids still located at home, as well as savings on policies can certainly soon begin. So it pays to look for a great deal. see it here

    ReplyDelete