Memahami Fungsi Ikon Pada Group Font Microsoft Office word 2010

Microsoft Office Word: Perkembangan teknologi—terutama komputer—menuntut kita untuk lebih cekatan dalam mengoperasikan dan menggunakan komputer terutama dalam menyelesaikan tugas kita sehari-hari. Sistem operasi berbasis GUI telah memberikan banyak kemudahan bagi para pengguna, karena dalam sistem ini telah di tampilkan perintah dalam bentuk ikon, sehingga ketika kita ingin melakukan perintah tertentu kita tinggal mencari ikon yang cocok dan langsung meng-klik-nya.
Pondok Microsoft Office; pada postingan kali ini menjabarkan beberapa ikon yang terangkum dalam group Font, tab menu Home program aplikasi Microsoft Word semoga dapat membantu dalam mengatur dokumen, khususnya mengatur font (huruf).
Gambar di bawah ini adalah Group Font
tampilan group font
Berikut beberapa ikon yang kami anggap penting untuk dipelajari, dipahami dan di praktekkan.
1.Ikon
ikon jenis font
 Namanya Font berfungsi mengganti jenis font/huruf sesuai dengan kebutuhan/keinginan.
Caranya adalah: a). Letakkan kursor atau blok pada teks atau kalimat yang akan diganti hurufnya, b). Klik ikon tersebut (Font) atau klik tanda panah pada ikon tersebut, c). Selanjutnya akan ditampilkan beberapa jenis font yang ada, d). Pilih dan klik jenis font yang sudah ditentukan. Teks atau kalimat yang sudah ditentukan akan berubah jenis  font-nya sesuai yang dipilih.
Atau menggunakan tombol kombinasi keyboard CTRL + SHIFT + F
2.Ikon
ikon font size
Namanya Font Size berfungsi  merubah ukuran huruf sesuai dengan kebutuhan.
Caranya adalah: a). Letakkan kursor atau blok pada teks atau kalimat yang akan diganti ukuran hurufnya, b). Klik ikon tersebut (Font size) atau klik tanda panah pada ikon tersebut, c). Selanjutnya akan ditampilkan beberapa ukuran font yang ada, d). Pilih dan klik ukuran font sesuai kebutuhan. Lihat perubahan pada teks atau kalimat yang sudah dipilih.
Atau menggunakan tombol kombinasi keyboard CTRL + SHIFT + P
3.Ikon
ikon grow font
Namanya adalah Grow Font berfungsi menaikkan satu ukuran pada huruf/objek yang  sudah di pilih. Klik satu kali pada ikon tersebut akan menaikkan satu ukuran angka huruf.
Tombol kombinasi keyboard yang digunakan adalah CTRL + ]
Caranya: a). Letakkan kursor atau blok pada teks atau kalimat yang akan dinaikkan ukuran hurufnya, b). Klik ikon tersebut (Grow Font),  ukuran huruf akan dinaikkan sesuai berapa klik yang sobat lakukan.
4.Ikon
ikon shrink font
Namanya adalah Shrink Font mengurangi satu angka ukuran huruf yang sudah dipilih Klik satu kali pada ikon tersebut akan menurunkan satu ukuran angka huruf.
Tombol kombinasi keyboard yang digunakan adalah CTRL + [
Caranya adalah sama dengan ikon Grow Font.
5.Ikon
ikon bold
Namanya adalah Bold berfungsi  menebalkan huruf/kalimat artinya huruf/kalimat itu jika dicetak akan tebal
Tombol kombinasinya adalah CTRL + B
Caranya: a). Letakkan kursor atau blok teks atau kalimat yang akan tebalkan hurufnya, b). Klik ikon tersebut (Bold),  huruf akan nampak tebal sesuai yang sobat inginkan.
6.Ikon
ikon italic
Namanya Italic fungsinya untuk membuat huruf/kalimat menjadi miring. Tombol kombnasinya CTRL + I
Caranya: a). Letakkan kursor atau blok teks atau kalimat yang akan tebalkan hurufnya, b). Klik ikon tersebut (Italic), maka huruf akan menjadi miring sesuai yang sobat inginkan.
7.Ikon
ikon underline
Namanya adalah Underline berfungsi memberikan garis bawah pada teks/kalimat yang dipilih.
Tombol kombinasinya CTRL + U
Caranya: a). Letakkan kursor atau blok pada teks atau kalimat yang akan diberi garis bawah, b). Klik ikon tersebut (Underline) atau klik tanda panah pada ikon tersebut, c). Selanjutnya akan ditampilkan beberapa jenis ukuran underline yang ada, d). Pilih dan klik jenis ukuran sesuai kebutuhan.
8.Ikon
ikon change case
Namanya adalah Change Case berfungsi merubah kalimat yang di blok menjadi huruf kapital atau tidak, atau sebaliknya dari kecil menjadi kapital
Carannya: a). Blok kalimat yang akan dirubah jenis penulisannya, b). Klik ikon tersebut (Change case) atau klik tanda panah pada ikon tersebut, c). Selanjutnya akan ditampilkan beberapa jenis perubahan penulisan, d). Pilih dan klik sesuai kebutuhan.
9.Ikon
ikon font color
Namanya Font Color fungsinya memberi warna pada teks atau kalimat yang di blok atau di select.
Caranya: a). Blok teks/kalimat yang akan diberi warna, b). Klik ikon tersebut (Font Color) atau klik tanda panah pada ikon tersebut, c). Selanjutnya akan ditampilkan beberapa jenis Warna, d). Pilih dan klik warna sesuai kebutuhan.
Demikian sedikit tutorial berkenaan dengan mengoperasikan ikon-ikon terutama pada group Font, semoga membantu. Jika ada yang kurang mhn sarannya ya sob. Trim’s

0 Response to "Memahami Fungsi Ikon Pada Group Font Microsoft Office word 2010"