Tutorial Rumus Excel IF (Logika) Terlengkap

Fungsi dan Rumus Excel Lengkap - Inilah materi terlengkap rumus excel IF atau logika. Fungsi logika atau secara umum di kenal dengan IF merupakan rumus pada program Microsft excel yang sangat penting untuk dipelajari ketika kita mengolah data-data yang cukup komplek. Secara sederhana Fungsi Logika merupakan bagian untuk mencari dan mengetahui data-data yang berhubungan dengan logika.

Adapun rumus IF excel adalah salah satu fungsi yang sering di asumsikan dalam mengelola logika. Keampuhan rumus logika yang disedikan oleh Microsoft Excel ini bakal sulit ditandingi oleh program pengolah angkah lainnya jika digabung dengan 2 rumus excel sakti lainnya, yaitu:
Husus rumus IF, dalam postingan ini, kami akan menguraikan hal-hal yang berhubungan dengan fungsi logika berikut rumus excel IF, yaitu meliputi
1. Definisi dan pengertian fungsi Logika dan IF
2. Fungsi Logika Perbandingan
3. Fungsi Logika And dan Or
4. Fungsi Logika NOT
5. Rumus excel IF tunggal dan ganda

Definisi dan Pengertian Fungsi Logika dan IF
Apa pengertian rumus IF (logika) dalam fungsi excel itu? Dalam salah satu literatur disebutkan bahwa Fungsi  logika adalah fungsi yang digunakan untuk melakukan penilaian, perbandingan maupun kondisi bercabang.

Pada definisi yang lain dikatakan bahwa fungsi logika adalah fungsi yang menghasilkan nilai Benar [True] jika logikanya benar dan menghasilkan nilai Salah [False] jika logikanya salah. Adapun dalam penggunaan fungsi logika ini selalu di dahului dengan IF

Selanjutnya pengertian dari fungsi IF. Secara sederhana fungsi atau rumus excel IF merupakan fungsi kondisi bercabang yang artinya “Jika”. Pada pengertian lain disebutkan If merupakan fungsi yang digunakan untuk menentukan satu pilihan atau lebih atau fungsi logika untuk menentukan pilihan benar dan salah.

Dari pembahasan di atas maka tidak heran jika fungsi logika selalu diidentikkan dengan fungsi IF atau fungsi logika If
Sintak atau rumus dasar fungsi logika If sebagai berikut
=If(logical_test,value_if_true,value_if_false)

Fungsi Logika Perbandingan
a. Operator Logika
Hal yang penting dalam mengoperasikan fungsi logika if adalah dibutuhkannya operator logika untuk menunjang penulisan rumus tersebut. Adapun operator logika if yang sering digunakan untuk mengoperasikan fungsi logika ini adalah sebagai berikut:
  • (=) : Sama dengan
  • (<) : Lebih Kecil
  • (>) : Lebih besar
  • (<= ) : lebih Kecil sama dengan
  • (>= ) : lebih besar sama dengan
  • (<>)  : Tidak sama dengan

Operator logika if di atas digunakan sesuai dengan penyataan logika yang ada, jadi kita harus teliti dalam memahami  pernyataan logika dan penentuan penggunaan operator logika if yang cocok.
Contoh pernyataan logika bisa seperti kasus keuangan dibawah ini:
Jika Jabatan Ketua maka gaji 1.000.000
Jika Jabatan Sekretaris maka gaji 500.000
Pernyataan logika di atas dalam penulisan rumus menggunakan operator logika sama dengan (=), karena logical_test nya berupa huruf yaitu ketua dan sekretaris, dan seterusnya..
Untuk lebih jelas lihat di contoh penggunaan operator logika dalam rumus microsoft excel

b. Ekspresi Logika
Secara bahasa ekspresi logika bisa diartikan suatu pernyataan logika yang menghasilkan nilai TRUE (Benar) atau FALSE (salah) atau fungsi yang berguna membandingkan nilai dalam dua sel atau lebih. Dalam penulisan ekspresi logika sangat dibutuhkan operator logika sebagaimana bahasan di atas. Contoh :
100<50 : hasilnya FALSE
100>50 : hasilnya TRUE
Contoh data dalam lembar kerja Microsoft Excel
contoh ekspresi logika salah
Penulisan rumus pada sel C2=A2<B2, hasilnya adalah FALSE
Secara logika jika dilihat data 1 (100) tidak mungkin lebih kecil dari data 2 (50) maka hasil yang keluar adalah Salah (False)

Contoh lain bisa dilihat sebagaimana berikut;
Contoh ekspresi logika benar
Penulisan rumus pada sel C2=A2>B2, hasilnya adalah TRUE
Secara logika jika dilihat data 1 (100) Jelas lebih besar dari data 2 (50) maka hasil yang keluar adalah TRUE (Benar)

Gerbang Logika
Fungsi Logika AND dan OR
Dalam pembahasan tentang fungsi logika, hal yang juga perlu dipelajari adalah gerbang logika yang berguna membandingkan dua atau lebih hasil nilai perbandingan.
Gerbang logika itu meliputi Fungsi logika And dan Or
Secara umum Sintak fungsi logika And adalah :
 =AND(ekspresi_logika1, ekspresi_logika2,ekspresi_logika3,......dst)
Penulisan rumus ekspresi_logika seperti diatas dibatasi maksimum 30 ekspresi logika.

Pernyataan fungsi logika AND adalah apabila semua nilai logika benar (true) maka hasilnya juga benar, bila ada satu atau semua bernilai salah hasilnya juga salah
Contoh data excelnya adalah:
contoh data fungsi And
Cermati rumus pada gambar diatas, kalo di baca adalah data pada sel A2 sama dengan 100 (benar) DAN data pada B2 lebih kecil dari 100 (benar). Jadi semua penyataan itu benar maka hasilnya pun benar

Selanjutnya untuk fungsi logika Or.  Sintaks dari fungsi logika Or adalah :
=OR(ekpresi_logika1,ekspresi_logika2,ekspresi_logika3,.......dst)
Penambahan ekspresi_logika sebagaimana diatas maksimum 30 ekspresi logika

Pernyataan fungsi logika Or adalah apabila salah satu atau semua dari nilai logika benar maka hasilnya  benar, bila semua salah hasilnya juga salah. Contoh data pada lembar kerja excel adalah:
contoh data fungsi Or
Cermati rumus pada gambar diatas, kalo di baca adalah data pada sel A2 lebih kecil 50 (salah) OR data pada B2 lebih kecil dari 100 (benar), jadi meskipun ada salah satu dari penyataan itu salah maka hasilnya tetap benar. Untuk contoh yang lain silahkan lihat pembahasan khusus tentang materi ini.

Fungsi Logika NOT
Pernyataan fungsi logika Not adalah apabila kedua data yang dibandingkan tidak sama maka hasilnya TRUE (benar) sebaliknya jika kedua data tersebut sama-sama benar maka hasilnya adalah FALSE (salah). Jadi bisa dikatakan fungsi logika Not ini kebalikan dari Sama dengan (=)
Adapun Sintaksnya adalah:
=NOT(logika)
Contoh data pada gambar pengolah data excel berikut!
contoh data fungsi not
Jika dicermati rumus pada gambar diatas, jelas-jelas data pada sel A2 (100) tidak sama dengan data pada B2 (50) namun hasilnya tetap benar. Jadi hasil yang dikeluarkan akan sebaliknya dengan rumus yang ditulis. Silahkan pelajari contoh lain pada pembahasan berikutnya

Fungsi Logika IF
Sebagaimana sudah kami disinggung di atas bahwa fungsi logika if adalah fungsi yang digunakan untuk menentukan dua pilihan atau lebih atau dengan bahasa lain menentukan kondisi bercabang
Fungsi logika If di gunakan untuk menguji suatu isi sel apakah berisikan nilai yang memenuhi kriteria (syarat) yang telah ditentukan dan akan diberikan suatu nilai ataukah tidak, sehingga akan diberikan nilai yang lainnya.

Fungsi logika IF pada rumus excel terbagi menjadi 2 jenis, yaitu
a. IF Tunggal atau disebut dengan istilah 1 syarat 2 pilihan.
Sintaksnya :
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
Logical_test adalah alamat sel yang akan diuji beserta kondisinya yang telah ditentukan
Value_if_true adalah nilai yang diberikan jika sel yang diuji memenuhi kriteria
Value_if_false adalah nilai yang diberikan jika sel yang diuji tidak memenuhi kriteria

Contoh penyataan fungsi logika if
Jika nilai lebih dari 7 maka lulus
Jika nilai kurang dari 7 maka tidak lulus
Dari pernyataan fungsi logika IF tersebut diatas, kita bisa membuat contoh penulisan rumus sebagai berikut:
Contoh data if tunggal
Penulisan rumus pada sel D4=IF(C4>7;”LULUS”;”TIDAK LULUS”)

b. IF Ganda atau Multi (2 syarat 3 pilihan), atau lebih
Sintaksnya:
 IF(Ekspresi_logika,nilai_benar,IF(logical_test,value_if_true, ,IF((logical_test,value_if_true, value_if_false,IF(................................)))
Contoh pernyataan IF Ganda (2 syarat 3 pilihan)
Jika nilai 0-5 maka kurang
Jika nilai 6-7 maka cukup
Jika nilai 8-10 maka baik
Contoh penulisan rumus IF ganda diatas adalah
Contoh data If Ganda
Catatan untuk penulisan rumus IF ganda
Untuk tutup kurung pada IF ganda disesuaikan dengan berapa IF yang dipakai/dipasang dalam penulisan rumus.

Apabila data atau kriteria yang dimasukkan berupa teks, maka harus ditulis diantara tanda kutip (“.........”)
Jika terjadi percampuran data (Angka dan Teks), misalnya B001, maka sebaiknya dijadikan teks, dan penulisannya harus diantara tanda kutip.

Bacaan lebih lanjut agar semakin jago dalam menggunakan rumus logika IF pada Microsoft Excel ini bisa memperdalam lagi dengan tutorial berikut:
  1. Fungsi Excel dengan Logika Rumus IF 
  2. Tutorial Khusus Rumus Excel IF dan Contohnya 
  3. Memahami Fungsi Logika dalam Microsoft Excel 2007 
  4. FUNGSI RUMUS IF TUNGGAL DI MICROSOFT EXCEL 2007
  5. Memahami dan mengoperasikan Rumus Excel IF Ganda pada Microsoft Excel
  6. Contoh Penggunaan Rumus Excel IF GANDA/MULTI
  7. Mengoperasikan Gabungan Fungsi Logika IF, And Dan Or Dalam 
  8. Mengolah Data Dengan Gabungan Rumus Excel IF dan VLOOKUP
  9.  Mencari Pemenang Lomba Menggunakan Rumus Excel IF dan And 
 Demikian pembahasan tentang cara menggunakan rumus Excel IF (Logika) lengkap dengan langka-langkah dan gambar ini.  Kalau masih kurang lengkap lagi, bisa baca-baca tutorial lain di fungsi logika. Adapun untuk contoh-contoh pengembangan silahkan tunggu pembahasan berikutnya.

Perlu diketahui bahwa rumus excel if adalah salah satu rumus yang paling sering digunakan. Penggunaan rumus if sering disebut dengan rumus logika. Sebenarnya rumus if dalam excel bisa digunakan dari hal paling simpel sampai pada logika perhitungan yang cukup kompleks. Maka bagi yang sering bertemu dengan pengolahan angka-angka baik itu sekedar kegemaran atau malah tuntutan pekerjaan dan tugas, belajar rumus if untuk Microsof Excel ini seyogyanya dilakukan sejak awal.

Dalam pengolahan tabel yang berisi angka-angka, penggunaan rumus logika if sering digabungkan dengan rumus yang lainnya seperti rumus sumif dan countif. Dalam pembahasan rumus excel if lengkap dengan gambar dan ilustrasi serta contoh penggunaan if yang sering digabungkan dengan penggunaan vlookup dan if, sehingga contoh if dalam pengolahan angka itu lebih comprehensif. Sama halnya dengan rumus countif dan sumif yang juga sering digabung dengan penggunaan rumus excel logika if dalam mengolah beberapa tabel angka yang banyak dan butuh otomatisasi.

Dalam Microsoft Office, fungsi if dan vlookup sering bergandeng beriringan. Manfaat menggabungkan rumus vlookup dan if akan menjadikan pengolahan tabel dan angka lebih cepat dan lebih efisien. Tentu saja cara menggabungkan if dan vlookup tidak sesederhana dengan penggunaan rumus if excel untuk keterangan lulus dan tidak lulus, atau  naik dan tidak naik saja. Penguasaan skill dalam menggunakan rumus vlookup dengan if akan sangat membantu proses pengerjaan pentabelan angka yang begitu banyak. Sebenarnya secara manual juga bisa saja dikerjakan tanpa menggunakan rumus vlookup dan if akan tetapi akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan begitu, tidak ada cara lain kecuali memahami dengan baik cara menggunakan vlookup if untuk meringankan beban pengoperasian secara manual.

Seperti tadi disinggung bahwa rumus logika ini sering sekali dipakai untuk mengidentifikasi dengan cepat dalam contoh kelulusan, yakni siapa yang lulus dan siapa saja yang masih harus mengulang. Penggunaan rumus excel if lulus ini akan terasa sekali manfaatnya ketika mengidentifikasi siswa yang begitu banyak. Sekali lagi biar waktu tidak begitu lama maka biasanya diupayakan untuk proses penggabungan rumus if dan vlookup dalam memecahkan masalah pemrosesan data yang sangat banyak dan kompleks.

Hampir semua tahu bahwa pemanfaatan fitur fitur dalam Microsoft Excel benar benar membantu meringankan beban terutama pemrosesan data yang sangat sangat banyak, makanya perlu kemampuan yang mumpuni dalam memakai cara kombinasi rumus if dan vlookup. Hal yang paling sederhana adalah ketika membuat nomor urut otomatis berdasarkan isi kolom tertentu dengan fungsi if. Contoh hal sederhana tersebut sangat cepat sekali dalam menyelesaikan rumus logika dengan penggabungan rumus if vlookup excel seperti hal ini. Selamat mencoba dan terimakasih telah membaca blog rumus excel lengkap.

6 Responses to "Tutorial Rumus Excel IF (Logika) Terlengkap"

  1. Makasih pengetahuannya gan, fungsi ini yang saya kadang masih binggung dan perlu banyak belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama semoga membantu, jika mau mengembangkan tentang materi khusus IF lihat http://www.rumusexcellengkap.com/2015/03/fungsi-excel-dengan-logika-rumus-if_1.html

      Delete
  2. keren mas...


    Ilmu Komputer dan Internet
    www.santridrajat.com

    ReplyDelete
  3. Bisa tidak rumus if excel ini menamvahkan angka dalam kolom secara proporsional

    ReplyDelete
  4. bagamana rumus if untuk diskripsi k1 dan K2 di raport K13 ya, misalnya jika Sangat Baik maka diskripsinya adalah .....,jika Baik diskripsinya adalah....

    ReplyDelete