Fungsi dan Rumus MMULT pada Excel

Rumus Excel Lengkap - Fungsi MMULT adalah salah satu rumus matematika pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengembalikan produk matriks dari dua array.

Menghitung data menggunakan MS Excel dapat menjadi pekerjaan yang merepotkan jika Anda melakukannya secara manual. Hal ini akan membuang waktu Anda karena tidak efektif. Apakah Anda mencari cara paling sederhana untuk mengalikan  satu rentang nilai dengan rentang nilai lain? Hal ini akan membuang waktu untuk mengalikan masing-masing angka secara manual.

Anda perlu menggunakan fungsi MMULT. Fungsi ini dapat mengembalikan produk matriks dua array atau kisaran. Hasil yang diperoleh adalah sebuah array baru yang memiliki jumlah baris yang sama sebagai array yang 1 dan jumlah kolom yang sama sebagai array yang 2. Ini berarti bahwa Anda akan membutuhkan dua array atau rentang yang tidak selalu harus dengan ukuran yang sama. Apa yang harus diingat adalah bahwa jumlah atau baris array 1 adalah sama dengan nomor atau kolom array 2 Kemudian, sintaks ditulis sebagai berikut.:
=MMULT(Range1,Range2)

Setelah Anda memasukkan fungsi tersebut, Anda harus menekan kombinasi Ctrl + Shift + Enter untuk mendapatkan hasilnya. 

Cara Menggunakan Rumus MMULT Excel Sebagai Fungsi matematika pada Lembar Kerja Ms Excel

Fungsi matematika yang memakai rumus MMULT dalam Microsoft Excel bisa digunakan seperti dalam video Excel berikut.



Begitulah penjelasan Fungsi dan rumus MMULT Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus MMULT sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi matematika.

Dalam matematika, fungsi MMULT digunakan untuk mengalikan matriks. Dalam kehidupan nyata, fungsi tersebut digunakan dalam banyak aspek. Orang-orang menggunakannya dalam bisnis, aplikasi berbasis komputer, fisika dan geologi. Fungsi perkalian matriks ini juga digunakan untuk merepresentasikan data dunia nyata seperti orang kebiasaan dan populasi. Hal ini sangat umum digunakan dalam berbagai survei dan pekerjaan administrasi kantoran lainnya.

0 Response to "Fungsi dan Rumus MMULT pada Excel"