Menghitung Jumlah Kuadrat Lebih Cepat Menggunakan Rumus Excel SUMSQ

Rumus Excel Lengkap -  Anda yang ingin menghitung jumlah kuadrat dari data-data yang ada bisa menggunakan rumus Excel SUMSQ dengan mudah dan praktis. Fungsi dari rumus ini sendiri berguna terutama saat Anda akan menghitung jumlah kuadrat.

Rumus ini berasal dari penggabungan fungsi SUM (penjumlahan biasa) dan SQUARE (pengkuadratan). Tentu saja ini bisa mempercepat proses pekerjaan Anda dengan lebih efisien. Anda tidak perlu menghitung secara manual dengan mengkuadratkan data terlebih dahulu baru dijumlahkan.

Cara Menggunakan Rumus SUMSQ Excel Sebagai Fungsi Matematika

Penggunaan rumus ini bisa membuat penyelesaian yang lebih cepat dan praktis. Supaya lebih jelas, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk menggunakan rumus yang tersedia di Excel ini:
1. Pertama, siapkan terlebih dahulu data-data yang Anda inginkan jumlah nilai kuadratnya.
2. Pada akhir kolom dari data tersebut, Anda bisa mulai menuliskan rumus untuk penjumlahan kuadrat dengan syntax sebagai berikut:
=SUMSQ(number1;number2; dst)
3. Supaya lebih praktis, setelah Anda mengetikkan tanda buka kurung, Anda bisa klik pada sel data pertama kemudian drag kursor ke bawah sampai ke data paling akhir yang sudah Anda isikan.
4. Berikan tanda tutup kurung lalu tekan tombol enter. Nilai penjumlahan dari kuadrat data yang Anda masukkan bisa langsung muncul dengan mudah dan praktis.

Rumus ini memang termasuk berguna terutama dalam menghemat waktu penjumlahan kuadrat. Daripada mengkuadratkan data satu per satu kemudian menjumlahkannya, akan lebih praktis bila Anda menggunakan rumus Excel SUMSQ ini dengan tepat.

Fungsi SUMSQ adalah salah satu rumus matematika pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengembalikan jumlah kuadrat dari argumen

Begitulah penjelasan Fungsi SUMSQ Excel melalui tutorial Microsot excel dasar yang mudah ini. Rumus SUMSQ sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi matematika.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai penulisan rumus termasuk rentang data yang Anda ingin masukkan. Anda juga bisa memasukkan sendiri angka yang Anda ingin masukkan dengan manual pada syntax dengan memasukkan angka-angka tersebut di dalam kurung.

Cukup praktis bukan untuk menggunakan rumus ini? Sekarang saatnya Anda mencoba mempelajari lebih lanjut dengan menggunakan berbagai macam isian data. Ini akan mempermudah Anda dalam menyelesaikan pekerjaan terutama terkait dengan penghitungan jumlah kuadrat. Segera coba gunakan rumus Excel SUMSQ dan jangan segan untuk mencari informasi lebih banyak tentang penggunaan rumus-rumus Excel pada situs kami.

0 Response to "Menghitung Jumlah Kuadrat Lebih Cepat Menggunakan Rumus Excel SUMSQ"