Fungsi Rumus BETA.INV pada Microsoft Excel

Fungsi BETA.INV adalah salah satu rumus statistik pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengembalikan nilai inversi dari fungsi distribusi kumulatif untuk distribusi beta yang ditentukan.

Rumus BETA.INV adalah salah satu rumus di dalam Microsoft Excel yang memiliki fungsi untuk mencari nilai kebalikan dari fungsi kepadatan probilitas (kemungkinan) dari rumus kumulatif beta yang memiliki rumus BETA.DIST. Jika syntax dari rumus BETA.DIST dalam Microsoft Excel adalah
probility=BETA.DIST(x,...TRUE), 
maka syntax untuk rumus BETA.INV pada Microsoft Excel adalah
 BETA.INV(probility,...)=x.

Cara Menggunakan Rumus BETA.INV Excel Sebagai Fungsi Statistik

Syntax dasar dari rumus BETA.INV pada Microsoft Excel adalah

    =BETA.INV(probility,aplha,beta,[A],[B])

Keterangan dalam syntax tersebut adalah sebagai berikut :
• Probility adalah nilai kemungkinan yang harus anda isi dengan asosiasi dari distribusi beta.
• Alpha dan Beta adalah parameter distribusi.
• A dan B adalah batas bawah interval x yang memiliki sifat opsional yang artinya dapat anda isi ataupun tidak.
• Jika anda memasukan argumen yang bukan merupakan angka, maka rumus BETA.INV ini akan menghasilkan #VALUE!.
• Jika alpha atau beta kurang dari nol, maka rumus BETA.INV ini akan menghasilkan #NUM!.
• Jika data pada probility diisi kurang dari nol atau lebih dari satu, maka rumus BETA.INV ini juga akan menghasilkan nilai #NUM!.
• Apabila anda menghilangkan nilai A dan B, maka secara otomatis rumus fungsi BETA.INV ini akan menggunakan distribusi kumulatif beta standar, A=0 dan B=1.
• Dengan mempertimbangkan nilai untuk probilitas, rumus BETA.INV akan mencari nilai x sama seperti pada rumus BETA.DIST (x, alpha, beta, TRUE, A, B) = probility. Jadi secara tidak langsung, ketepatan nilai hasil dari rumus fungsi BETA.INV ini tergantung pada ketepatan rumus fungsi BETA.DIST.


Fungsi statistik yang memakai rumus BETA.INV dalam Microsoft Excel bisa digunakan seperti dalam video Excel yang banyak diberikan di Internet. Begitulah penjelasan Fungsi BETA.INV Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus BETA.INV sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi statistik.

0 Response to "Fungsi Rumus BETA.INV pada Microsoft Excel"