Penggunaan Rumus Fungsi AVERAGEA pada Microsoft Excel

Fungsi dan Rumus AVERAGEA adalah salah satu rumus statistik pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengembalikan nilai rata-rata dari argumennya, termasuk angka, teks dan nilai logika.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menuliskan salah satu rumus fungsi pada Microsoft Excel yang bernama Rumus Fungsi AVERAGEA. Sebenarnya rumus fungsi AVERAGEA ini sama dengan rumus fungsi AVERAGE pada Microsoft Excel. Hanya saja pada fungsi rumus AVAREGEA ini, anda dapat memasukan cell kosong, angka, teks dan nilai logika. Sedangkan pada Fungsi Rumus AVERAGE, anda hanya dapat memasukan angka saja pada colomnya.

Jika anda sudah mengerti fungsi rumus AVERAGE pada Microsoft Excel, maka anda akan dengan mudah mengerti apa fungsi rumus AVERAGEA ini.

Seperti yang saya tuliskan sebelumnya, rumus AVERAGEA tidak terbatas hanya dengan data angka saja, tetapi bisa menggunakan data lain selain angka dengan ketentuan seperti ini :

• Data yang berisikan angka akan dianggap sesuai dengan angka yang terisi.
• Data yang diisi dengan teks, akan dianggap kosong / nol.
• Data yang tidak terisi / kosong, akan dianggap kosong / nol.

Langsung saja kita lihat contoh pada gambar.

Pada gambar, jika kita menggunakan fungsi rumus AVERAGE, maka syntax yang harus di tulis adalah =AVERAGE(B2;B5) karena fungsi rumus AVERAGE tidak dapat diisi data berupa teks. Jika anda memasukan syntax =AVERAGE(B2;B6) maka rumus AVERAGE akan menghasilkan #VALUE.

Sedangkan pada fungsi rumus AVERAGEA, anda dapat langsung menuliskan syntax =AVERAGEA(B2;B6) karena rumus AVERAGEA dapat menggunakan data berupa teks, hanya saja value yang digunakan pada teks adalah nol.


Begitulah penjelasan Fungsi AVERAGEA Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus AVERAGEA sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi statistik.

0 Response to "Penggunaan Rumus Fungsi AVERAGEA pada Microsoft Excel"