Penjelasan Dasar Rumus REPT dalam Excel

Rumus Excel Lengkap - Fungsi REPT adalah salah satu rumus teks pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengulangi teks sejumlah yang dikehendaki.

Fungsi REPT atau fungsi repetition (pengulangan) dalam Excel akan membantu kita untuk mengulangi sebuah teks sebanyak yang kita butuhkan tanpa perlu mengetikkan teks yang sama berulang-ulang.

Sintaks untuk fungsi REPT ini adalah:
REPT (text, number_times)

Penjelasan untuk sintaks ini adalah:
• Text, mengacu pada teks yang ingin diulangi
• Number_times, mengacu pada jumlah atau berapa kali teks tersebut akan diulangi

Keterangan tambahan untuk penggunaan fungsi ini:
• Number_times harus menggunakan angka positif. Bila angka yang dipergunakan adalah angka 0 (nol),maka tidak ada hasil yang bisa ditampilkan. Bila angka yang dipergunakan adalah angka negatif, maka hasil yang ditampilkan adlaah #VALUE!
• Jumlah maksimum pengulangan adalah sebanyak 32.767 kali. Jika hasil pengulangannya melebihi angka itu maka hasil yang ditampilkan adalah #VALUE!

Berikut ini adalah beberapa contoh cara penggunaan fungsi REPT. Hal yang perlu diingat dalam pengggunaan fungsi ini adalah untuk selalu menggunakan tanda quote disekitar teks yang hendak diulang.

=REPT(“_”, 15). Penggunaan fungsi ini akan menampilkan hasil berupa pengulangan tanda garis bawah sebanyak 15 kali menjadi  _______________

=REPT(“*_”, 5). Penggunaan fungsi ini akan menampilkan hasil berupa pengulangan tanda bintang dan garis bawah sebanyak 5 kali menjadi *_*_*_*_*_

=REPT(“Anita” 3). Penggunaan fungsi ini akan menampilkan hasil berupa pengulangan kata “Anita” sebanyak 3 kali menjadi Anita Anita Anita

Cara Menggunakan Rumus REPT Excel Sebagai Fungsi teks


Fungsi teks yang memakai rumus REPT dalam Microsoft Excel bisa digunakan seperti dalam video Excel berikut.

Begitulah penjelasan penggunaan rumus REPT pada Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus REPT sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi teks.

0 Response to "Penjelasan Dasar Rumus REPT dalam Excel"