Penggunaan Fungsi Rumus DDB dalam Microsoft Excel

Fungsi DDB adalah salah satu rumus keuangan pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengembalikan nilai depresiasi aset untuk periode tertentu dengan menggunakan metode penurunan ganda atau beberapa metode lain yang Anda tentukan sendiri.

Rumus DDB adalah rumus fungsi yang tersedia dalam Microsoft Excel yang dapat kita gunakan untuk menghitung penyusutan nilai dari suatu asset dalam periode yang telah ditentukan dengan menggunakan metode neraca Double-Declining atau metode lain yang kita tetapkan sendiri.

Cara Menggunakan Rumus DDB Excel Sebagai Fungsi keuangan

Syntax dari fungsi rumus DDB dalam Microsoft Excel adalah
=DDB(cost,salvage,life,period,factor)
Data yang harus diisikan dalam syntak fungsi rumus DDB tersebut adalah sebagai berikut :

• cost diisi dengan harga awal asset.
• salvage diisi dengan nilai akhir penyusutan atau biasa disebut dengan nilai sisa aset.
• life adalah jumlah periode dimana asset akan mengalami jatuh harga atau biasa juga disebut masa pemakaian asset.
• period adalah jumlah periode ketika aseet jatuh harga dan harus memiliki unit yang sama dengan jumlah life.
• month adalah jumlah bulan pada tahun pertama. Jika kita menghilangkannya, maka secara otomatis fungsi rumus DDB akan mengganggapnya dengan 12.
Untuk penggunaan fungsi rumus DDB pada Microsoft Excel ini dapat anda lihat langsung pada gambar yang telah kami sediakan. Semoga artikel ini dapat memberikan ilmu tambahan untuk anda dalam mengenal rumus - rumus fungsi pada Microsoft Excel. Sampai bertemu pada artikel berikutnya. Fungsi keuangan yang memakai rumus DDB dalam Microsoft Excel bisa digunakan seperti dalam tutorail diatas.

Begitulah penjelasan Fungsi DDB Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus DDB sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi keuangan.

0 Response to "Penggunaan Fungsi Rumus DDB dalam Microsoft Excel"