Mengenal Fungsi dan Kegunaan Rumus Excel XOR

Rumus Excel XOR menjadi pembahasan menarik yang akan diulas kali ini. Rumus XOR sendiri memiliki peran yang juga penting seperti rumus lainnya untuk membantu semua pekerjaan Anda ketika menggunakan Excel sebagai lembar kerja Anda.

Namun tak seperti rumus lainnya, rumus XOR ini hanya berlaku dan bisa Anda gunakan pada Excel dengan versi 2013 ke atas. Untuk versi 2013 ke bawah, fungsi rumus ini tak bisa Anda gunakan seperti rumus lainnya.

Fungsi ini merupakan fungsi yang baru saja diperkenalkan Microsoft kepada para pengguna Excel. Fungsi dari rumus XOR ini sendiri rumus yang dapat mengembalikan logika Exclusive Or dari semua argumen yang ada. Fungsi rumus ini sangat berguna ketika di mana Anda menggunakan Excel sebagai tempat kerja untuk melakukan perhitungan angka terutama perhitungan yang berhubungan dengan logika.

Cara Menggunakan Rumus XOR Excel Sebagai Fungsi Logika

Rumus Excel XOR ini sendiri bersanding dengan rumus lainnya, yakni AND, OR, dan NOT. Di mana ke semua rumus ini adalah rumus yang berhubungan dengan angka terutama perhitungan yang menggunakan logika. Untuk penulisan sintaknya sendiri, rumus XOR ini menggunakan rumus sintak seperti di bawah ini;
=XOR(logical1, [logical2], dst)
Penulisan rumus di atas akan Anda gunakan terus menerus ketika Anda menggunakan rumus perhitungan menggunakan rumus XOR. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa memperhatikan contoh penggunaan rumus XOR di bawah ini agar Anda lebih mengerti bagaimana penggunaan rumus XOR ini dan peran dari rumus XOR ini pada kertas kerja Anda.
penggunaan rumus xor excel
Dari keterangan gambar di atas, Anda akan mendapatkan penjelasan sebagai berikut;

Pada rumus =XOR(3>4) ini berarti argumen 3 lebih besar dari 4, maka logika tersebut adalah salah. Hasil yang akan Anda dapatkan adalah FALSE.

Pada rumus =XOR(3>4;4>5) adalah berarti di argumen ini disebutkan bahwa 3 lebih besar dari 4, maka logika tersebut adalah salah dan argumen 4 adalah lebih besar dari 5 yang mana logika ini juga salah, maka hasil yang akan Anda dapatkan adalah FALSE dan seterusnya.

Tentu pekerjaan perhitungan Anda akan lebih mudah jika Anda benar-benar memahami Rumus Excel XOR. Fungsi XOR adalah salah satu rumus logika pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengembalikan eksklusif logika OR dari semua argumen.

Begitulah penjelasan Fungsi XOR Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus XOR sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi logika.

0 Response to "Mengenal Fungsi dan Kegunaan Rumus Excel XOR"