Penggunaan Fungsi Rumus COUNT pada Microsoft Excel

Fungsi COUNT adalah salah satu rumus statistik pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah angka dalam daftar argumen.Pembahasan secara rinci tentang Rumus COUNT ada di sini

Fungsi COUNT dalam Microsoft Excel digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisikan angka dan menghitung angka yang terdaftar di dalam argumen tersebut. Penggunaan fungsi COUNT ini biasanya digunakan untuk mendapatkan jumlah dari range terpilih yang menggunkan angka dalam range atau array angka.

Cara Menggunakan Rumus COUNT Excel Sebagai Fungsi Statistik

Syntax dari fungsi rumus COUNT sendiri adalah
=COUNT(value1,[value2],...)
Dalam fungsi syntax tersebut, anda perlu memasukan data pada value1 sebagai item pertama, referensi sel atau range yang ingin anda hitung angkanya. Sedangkan pada value2 anda dapat tidak mengisinya atau bisa dikatakan bahwa value2 ini hanyalah opsional saja. Jika anda ingin mengisinya, anda dapat mengisi value2 sampai dengan 255 item tambahan, referensi sel ataupun range yang ingin anda hitung angkanya.
Data yang berupa angka, tanggal ataupun representasi angka ("1") akan di hitung oleh fungsi rumus COUNT pada Microsoft Excel ini. Begitu juga dengan nilai logika dan teks yang anda ketikkan secara langsung ke dalam range yang anda masukan dalam syntax fungsi rumus COUNT di Microsoft Excel.

Sedangkan data yang merupakan nilai kesalahan atau teks yang tidak dapat diterjemahkan menjadi angka, tidak akan dihitung oleh fungsi rumus COUNT. Jika data dalam value1 adalah sebuah range atau array yang luas, hanya angka di dalam range atau array yang terpilih saja yang dihitung. Sel kosong, nilai logika, dan teks tidak akan dihitung oleh fungsi rumus COUNT pada Microsoft Excel ini.

Untuk menjadikan rumus ini lebih jelas di pikiran anda, anda bisa langsung melihat gambar yang ada. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang fungsi rumus pada Microsoft Excel. Sampai jumpa pada artikel berikutnya. Fungsi statistik yang memakai rumus COUNT dalam Microsoft Excel bisa digunakan seperti dalam tutorail  diatas.

Begitulah penjelasan Fungsi COUNT Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus COUNT sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi statistik.

0 Response to "Penggunaan Fungsi Rumus COUNT pada Microsoft Excel"