Penggunaan Fungsi Rumus IFNA pada Microsoft Excel

Tutorial rumus excel dasar fungsi logika. Fungsi IFNA adalah salah satu rumus logika pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengembalikan nilai yang Anda tentukan jika ekspresi menetapkan #N/A, jika tidak, mengembalikan hasil dari ekspresi

Terkadang pada saat kita mencari data dengan menggunakan Rumus Fungsi VLOOKUP pada Microsoft Excel, ada nilai yang dikembalikan menjadi #N/A. Nilai #N/A ini adalah hasil dari Rumus Fungsi VLOOK yang tidak ditemukan atau adanya kealahan pada saat menjalankan Rumus Fungsi VLOOKUP. Jika hal seperti ini terjadi, biasanya kita akan mengganti nilai #N/A dengan nilai atau string teks yang kita inginkan dengan cara manual atau dengan menggunakan fitur Find & Replace pada Microsoft Excel.

Cara Menggunakan Rumus IFNA Excel Sebagai Fungsi Logika

Tapi pada Microsoft Excel 2013, telah ada satu fungsi rumus baru yang bisa memudahkan kita untuk mengganti nilai #N/A tersebut hanya dengan menambahkan satu fungsi rumus di depan rumus fungsi VLOOKUP. Fungsi Rumus baru tersebut adalah Fungsi Rumus IFNA. Fungsi Rumus IFNA ini memiliki kegunaan untuk mengembalikan nilai yang anda tentukan jika rumus VLOOKUP menghasilkan nilai #N/A. Tetapi jika Fungsi Rumus VLOOKUP tidak menghasilkan nilai #N/A, maka Fungsi Rumus IFNA ini akan menghasilkan nilai yang sama dengan yang dihasilkan oleh Fungsi Rumus VLOOKUP.

Syntax dari fungsi IFNA ini cukup sederhana,
 =IFNA(value, value_if_na)
Value disini adalah argumen yang akan diperiksa ada atau tidaknya nilai kesalahan #N/A pada fungsi rumusnya. Sedangkan value_if_na adalah nilai yang akan muncul jika fungsi rumus pada value menghasilkan nilai kesalahan #N/A!.
Contoh penggunaan rumus excel IFNA sebagai fungsi logika

Jika value atau value_if_na adalah sel kosong, maka secara otomatis fungsi rumus IFNA akan menghasilkan nilai string kosong (""). Jika Value merupakan rumus array, Fungsi Rumus IFNA akan mengembalikan array hasil untuk setiap sel dalam rentang yang telah ditentukan pada value. Untuk lebih jelas bagaimana penulisan fungsi rumus IFNA ini, anda bisa langsung melihat gambar yang telah disediakan. Semoga membantu dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Fungsi logika yang memakai rumus IFNA dalam Microsoft Excel bisa digunakan seperti dalam video Excel berikut. Begitulah penjelasan Fungsi IFNA Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus IFNA sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi logika.

1 Response to "Penggunaan Fungsi Rumus IFNA pada Microsoft Excel"