Penggunaan Fungsi Rumus FIND dan FINDB pada Microsoft Excel

Rumus Excel Lengkap - Salah satu fungsi rumus yang ada di dalam Microsoft Excel adalah Rumus Fungsi FIND dan FINDB. Fungsi Rumus FIND dan FINDB ini digunakan untuk melihat posisi karakter yang kita cari. Yang membedakan fungsi rumus FIND dan FINDB ini adalah bahasa yang digunakan. Jika FIND digunakan pada sekelompok karakter yang memiliki byte tunggal atau biasa disebut SBCS, FINDB digunakan pada sekolompok karakter yang menggunakan byte ganda atau DBCS.

Fungsi FIND, FINDB adalah salah satu rumus teks pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk menemukan satu nilai teks di dalam teks lain. Ingat besar kecilnya huru, kapital dan tidak juga sangat berpengaruh. Rumus ini memang kelihatannya tidak begitu penting, tetapi ketika berhadapan dengan dokument yang berjulah ratusan halaman maka untuk berkerja dengan cepat, tidak ada salahnya menggunkan rumus FIN dan FINDDB ini. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Berikut tutorial sederhananya.

Cara Menggunakan Rumus FIND, FINDB Excel Sebagai Fungsi Teks

Pengaturan bahasa default pada komputer andalah yang mempengaruhi rumus apa yang dapat kita pakai. Bahasa yang menggunakan DBCS adalah Tionghoa Tradisional, Tionghoa Sederhana, Korea dan Jepang. Perbedaan lainnya adalah FIND selalu menghitung setiap karakter, baik itu byte tunggal maupun byte ganda sebagai 1 karakter tanpa terpengaruh pengaturan bahasa default pada komputer anda.
pengertian dan penggunaan rumus exel FIND dan FINDB

Sedangkan pada FINDB, dia akan menghitung setiap karakter dengan byte ganda sebagai 2 karakter saat anda mengaktifkan bahasa yang menggunakan BDCS dan mengaturnya sebagai bahasa default komputer anda. Jika tidak, FINDB akan menghitung setiap karakter sebagai 1 karakter sama seperti FIND.

Syntax yang digunakan pada fungsi rumus FIND dan FINDB adalah
=FIND(find_text, within_text, [start_num]) dan =FIND(find_text, within_text, [start_num])
Penulisan sintax ayng panjang diatas dengan keterangan sebagai berikut :

• find_text diisi dengan teks yang ingin anda cari.
• within_text diisi dengan teks yang berisi teks yang anda cari.
• start_num adalah argumen opsional yang menentukan karakter pertama saat memulai pencarian. Jika anda tidak mengisi start_num, maka secara otomatis Microsoft Excel akan menganggap start_num adalah 1.


Fungsi teks yang memakai rumus FIND, FINDB dalam Microsoft Excel bisa digunakan seperti dalam video Excel berikut. Begitulah penjelasan Fungsi FIND, FINDB Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus FIND, FINDB sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi teks.

0 Response to "Penggunaan Fungsi Rumus FIND dan FINDB pada Microsoft Excel"