Penggunaan Fungsi Rumus FLOOR.MATH pada Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah salah satu program pengolah data yang tergabung dalam aplikasi Microsoft Office. Microsoft Excel biasa digunakan untuk mengolah data - data berupa data angka atau numerik. Di dalam program Microsoft Excel sendiri, sebenarnya sudah disediakan banyak fungsi rumus yang dapat kita gunakan untuk mempermudah kerja kita.

Rumus Fungsi FLOOR.MATH excel adalah salah satu rumus matematika pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk membulatkan angka ke bawah, sampai bilangan bulat terdekat atau ke beberapa signifikansi terdekat sehingga pekerjaan mengolah angka teruama berhubungan dengan perhitungan matematika bisa dikerjakan dengan cepat.

Cara Menggunakan Rumus FLOOR.MATH Excel Sebagai Fungsi Matematika

Nah, pada artikel kali ini, saya akan mencoba untuk membagi sedikit ilmu tentang penggunaan Fungsi Rumus FLOOR.MATH pada Microsoft Excel. Rumus Fungsi Floor.MATH ini berguna untuk membulatkan angka yang ada menjadi bilangan bulat terdekat atau ke kelipatan yang telah kita tentukan.

Syntax dari fungsi rumus FLOOR.MATH ini adalah
=FLOOR.MATH(number, significance, mode)
Number disini diisi dengan angka yang ingin kita bulatkan. Significance adalah tambahan data yang dapat kita tambahkan jika kita ingin mengadakan kelipatan pada pembulatan. Sedangkan Mode disini adalah arah untuk membulatkan bilangan negatif.

Untuk menggunakan fungsi rumus FLOOR.MATH ini anda harus memperhatikan beberapa peraturan yang ada pada Fungsi Rumus ini.
contoh rumus floor.math dalam excel
Data contoh penggunaan rumus excel floor.math
• Secara default, bilangan atau angka positif yang mengandung bilangan desimal akan dibulatkan kebawah ke bilangan bulat terdekat. Contohnya 4,4 akan dibulatkan kebawah menjadi 4 jika anda menggunakan Significance default, yaitu 1.

• Secara default, bilangan atau angka negatif yang mengandung bilangan desimal akan dibulatkan menjauh dari 0 ke bilangan bulat yang terdekat. Contoh, -6,7 akan dibulatkan menjadi -7.

• Dengan menggunakan 0 atau bilangan negatif sebagai data pada mode, anda dapat mengubah arah pembulatan pada bilangan negatif. Contohnya pada pembulatan -6,3 dengan Significance 1 dan Mode -1. Maka secara otomatis fungsi rumus FLOOR.MATH ini akan menghasilkan -6.

• Argumen Significance membulatkan angka ke bawah ke bilangan bulat terdekat pada kelipatan signifikansi yang ditentukan. Pengecualian jika angka yang dibulatkan adalah bilangan bulat. Contohnya, untuk Significance 3, angka dibulatkan ke bawah ke bilangan bulat berikutnya yaitu kelipatan 3.

• Jika Number dibagi Significance 2 atau lebih mengembalikan pecahan, maka hasilnya akan dibulatkan ke bawah.

Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung melihat gambar yang telah saya sediakan. Fungsi matematika yang memakai rumus FLOOR.MATH dalam Microsoft Excel bisa digunakan seperti dalam tutorial excel dasar diatas.

Begitulah penjelasan salah satu  Fungsi Excel melalui tutorial yang mudah ini. Rumus FLOOR.MATH sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi matematika. Semoga artikel ini berguna untuk anda. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

0 Response to "Penggunaan Fungsi Rumus FLOOR.MATH pada Microsoft Excel"