Mengoperasikan Rumus Perkalian Excel 2007

Rumus Excel Lengkap: Memberikan satu bahasan penting yaitu rumus perkalian pada Microsoft Excel 2007. Ini  adalah cara menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan angka dan penggunaan rumus untuk mencari hasil sebuah perkalian.

Perkalian pada excel adalah salah satu dari operator matematika yang sering digunakan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Baik pekerjaan yang berhubungan dengan perusahaan, sekolah atau usaha-usaha lain yang membutuhkan rumus tersebut.

Di sini, kami berusaha menyajikan kepada para pembaca tentang;
Apa rumus perkalian itu?
Apa saja rumus atau fungsi untuk menyelesaikan perkalian itu?
Contoh-contoh penggunan rumus perkalian excel

Hal yang termasuk penting untuk menunjang materi ini adalah data, maka siapkan data anda dan simaklah materi ini dan kemudian praktekkan. Berikut penjelasan tentang rumus perkalian excel.

A. Pengertian Rumus Perkalian Excel.
Dalam salah satu sumber di nyatakan bahwa Perkalian adalah operasi matematika penskalaan satu bilangan dengan bilangan lain. Operasi ini merupakan salah satu dari empat operasi dasar di dalam aritmetika dasar operator matematika selain perjumlahan, perkurangan, dan perbagian.

Perkalian dapat juga dipahami sebagai hasil pencacahan objek yang disusun di dalam persegi panjang (untuk semua bilangan) atau seperti halnya penentuan luas persegi panjang yang sisi-sisinya memberikan panjang (untuk bilangan secara umum). kebalikan dari rumus perkalian excel adalah perbagian.
Dari pemahaman di atas dapat di ambil perhubungan bahwa rumus perkalian excel adalah suatu rumus yang ada di excel yang digunakan untuk melakukan proses perkalian.

B. Rumus atau fungsi untuk menyelesaikan perkalian.
Dalam mengoperasikan rumus Perkalian di program Microsoft Excel ada 2 cara, yaitu;

Pertama menggunakan operator asterisk (*)
Dalam program microsoft excel melakukan perkalian tidak sama dengan perkalian di ilmu matematika. Ilmu matematika perkalian menggunakan tanda kali (x) tetapi di excel perkalian menggunakan tanda Asterisk (*). Namun dalam proses perhitungan matematika tetap sama, maksudnya perkalian lebih di dahulukan  dari pada operator matematika lainnya atau sesuai dengan herarki yang berlaku dalam ilmu matematika.
Misalnya: =B2*C2

Kedua menggunakan Fungsi PRODUCT. 
Fungsi Product adalah mengalikan semua angka yang diberikan sebagai argumen dan mengembalikan hasil kali. Misalnya, jika sel A1 dan A2 berisi angka, Anda dapat menggunakan rumus =PRODUCT(A1, A2) untuk mengalikan dua angka itu.

Kegunaan Fungsi Product adalah saat Anda perlu mengalikan banyak sel sekaligus. Misalnya, rumus =PRODUCT(A1:A3, C1:C3) sama dengan =A1 * A2 * A3 * C1 * C2 * C3.

C. Contoh-contoh penggunan rumus perkalian excel
Contoh rumus perkalian dengan operator Asterisk (*)
Contoh rumus perkalian excel dengan tanda Asterisk

Contoh rumus perkalian dengan Fungsi PRODUCT

Sintaks : =Product(number1;number2;number3;….)

contoh penulisan rumus perkalian excel dengan fungsi product
Rumus perkalian data di atas ada 2 bentuk penulisan
Pertama menggunakan Fungsi Product dengan Titik Dua (:).
Kedua Menggunakkan Fungsi Product dengan Titik Koma (;).

Kedua bentuk penulisan rumus perkalian excel di atas bisa anda gunakan sesuai keinginan, namun jika data yang anda kelola jumlahnya banyak lebih baik anda gunakan Titik Dua.
Selain dua bentuk penulisan rumus di atas, kita bisa menggunakan  function argument product sebagai berikut:
penulisan rumus perkalian dengan function argument

Sekian pembahasan lengkap rumus excel perkalian pada Ms office Excel 2007, semoga membantu dan terimakasih. Selamat mencoba.