Fungsi ABS Dalam Rumus Microsoft Excel

Pada postingan yang lalu rumus excel lengkap membahas tentang rumus excel SQRT.
Dalam pembahasan tersebut ada catatan Jika bilangan yang hitung berbentuk bilangan negatif, maka rumus excel SQRT akan mengembalikan nilai kesalahan dengan menampilkan tanda kesalahan #NUM!
Untuk menghindari pesan kesalahan #NUM! maka gunakan fungsi rumus ABS untuk menentukan nilai absolut dari bilangan tersebut, baru kemudian mencari akar kuadratnya.
Jadi pada postingan ini rumus excel lengkap akan membahas tentang rumus microsoft excel ABS.

Menentukan Nilai Absolut dengan Rumus Excel ABS
Rumus ABS merupakan bagian dari fungsi Matematika dan trigonometri yang digunakan untuk mencari nilai mutlak/absolut dari suatu angka atau bilangan tertentu. Baik bilangan itu berbentuk positif maupun negatif.

Dalam ilmu matematika, Nilai absolut atau nilai mutlak atau modulus adalah nilai suatu bilangan riil tanpa tanda plus (+) atau minus (-). Sebagai contoh, fungsi rumus abs_mencari nilai mutlak atau Absolut. Nilai absolut dari x adalah x, dan nilai absolut dari –x juga x. Mengembalikan nilai absolut dari suatu angka. Nilai absolut selalu berbentuk angka positif

Sintaks rumus ABS dalam excel adalah
=ABS(Number) atau
=ABS(Angka) atau
dengan menggunakan Alamat cell, contoh
=ABS(A2).
Selain menggunakan model penulisan di atas, kita bisa menggunakan fungsi argumen rumus ABS yang sudah dissediakan Microsoft Excel, yaitu;
function argumen rumus ABS

Setelah memahami maksud dan tujuan dari rumus excel ABS, selanjutnya mari kita aplikasikan pada suatu data, sebagai mana contoh data berikut;
Di bawah ini ada suatu data yang berisi bilangan-bilangan positif dan bilangan-bilangan negatif, data tersebut akan kita tentukan nilai absolut dengan menggunakan rumus excel ABS.
contoh data rumus ABS bilangan positif
Bentuk penulisan untuk data di atas adalah
Letakkan kursor pada cell C4, kemudian tulis rumus
=ABS(B4) enter
Untuk baris ke bawah silahkan gunakan fasilitas fill handle, yaitu dengan menarik tanda plus yang berada di pojok kanan bawah.
Hasil rumus ABS pada data itu semua berbentuk bilangan positif, karena data bilangan yang di tulis juga berbentuk positif (jadi tidak ada perubahan).
Selanjutnya kita bandingkan dengan data yang berbentuk bilangan negatif, berikut ini;

contoh data rumus ABS bilangan negatif

Bentuk penulisan rumus ABS untuk data di atas adalah
C17=ABS(B17)
Bilangan yang di tes pada cell B17:B21  semua berbentuk negatif, namun setelah dilakukan perumusan ABS, bilangan tersebut menjadi Positif.

Itulah fungsi  dari rumus excel ABS dalam microsoft excel, semoga uraian dari rumus excel lengkap kali ini membantu anda dalam menentukan nilai absolut suatu bilangan yang anda kelola. Selamat mencoba. terimakasih

Mohon sarannya yaa, demi kesempurnaan artikel ini. Terimakasih.....

0 Response to "Fungsi ABS Dalam Rumus Microsoft Excel"