Memahami Tanda Kesalahan Dalam Penulisan Rumus Excel

Rumus excel lengkap, ingin terus berusaha menambah pengetahuan bagi para sahabat tentang pengoperasian program microsoft excel. Sebagaimana yang telah sahabat pelajari bahwa jenis data dalam excel selain data teks, angka, juga terdapat data yang berupa formula atau rumus.
Nah…dalam penulisan rumus kadang terjadi kesalahan yang tidak kita ketahui, sehingga hasil rumus  itu tidak sesuai bahkan salah. Oleh karena itu kita harus teliti dan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan.
Namun jika ternyata masih saja ada kesalahan, sahabat rumus excel lengkap jangan risau, karena program microsoft excel dengan fasilitas auditing-nya akan menunjukkan kesalahan-kesalahan dalam memasukkan rumus.
Program Microsoft Excel menandai kesalahan dalam sejumlah bentuk sesuai dengan jenis kesalahan yang ditemukan. Setiap jenis tanda mempunyai maksud tersendiri, sehingga sahabat bisa merubah atau mengedit kesalahan rumus tersebut.
Berikut adalah tanda-tanda kesalahan yang ditampilkan beserta arti tanda tersebut:

  • ######## : menandakan bahwa isi sel terlalu banyak atau panjang sehingga tidak cukup. Sahabat bisa mengeser kolom atau baris pada tanda tersebut
  • VALUE!   : menandakan bahwa rumus yang dimasukkan memiliki tipe argumen yang salah, artinya tidak sesuai dengan kriteria yang dimaksud (misalnya data teks dengan harapan nilai TRUE atau FALSE)
  • NAME? : menandakan rumus yang dimasukkan berupa teks yang tidak dikenali oleh Excel (misalnya sebuah range mempunyai nama yang tidak dikenal)
  • REF! : menandakan bahwa penghitungan rumus mengacu pada suatu sel yang tidak ada, misalnya isi sel tersebut atau sel itu tidak ada yaaa mungkin terhapus atau apalah.
  • DIV/0! : menandakan bahwa rumus sedang berusaha membagi dengan angka 0 terhadap data yang dimasukkan.

Jenis-jenis tanda tersebut diatas kemungkinan besar bisa terjadi dalam proses penghitungan. Dengan mengetahui jenis tanda kesalahan dan keterangannya diharapkan kita tidak mudah binggung dan bisa cepat mencari alternatif penyelesaian sehingga tugas dan kerja kita cepat selesai.

Demikian sajian rumus excel lengkap tentang cara mengetahui jenis tanda kesalahan dalam memasukkan rumus excel, semoga membantu dan menjadi pelajaran serta perhatian dalam mengelola data dalam excel.
Semoga bermanfaat.....................

0 Response to "Memahami Tanda Kesalahan Dalam Penulisan Rumus Excel"