Mencetak Dokumen Bolak Balik Dengan Microsoft Office Word 2007

Fungsi Rumus Excel Lenkap - Kali ini bahasan kita tentang cara mencetak dokumen seacara bolak balik.
Kita pasti sudah sering mencetak (ngeprint) dokumen yang sudah kita kelola. Tapi pernahkah kita mencoba jenis mencetak dokumen  seperti pada kedua sisi kertas atau print bolak-balik dengan melakukan pengaturan pada Microsoft Office Word??

Jawabannya adalah jarang,,,atau mungkin malah belum pernah.Kkalaupun pernah mungkin caranya manual. Perlu diketahui, fasilitas-fasilitas yang telah diberikan Ms. Word adalah untuk mempercepat pekerjaan kita dan tentunya untuk menghemat pemakaian kertas. Sebenaranya cara mencetak dokumen bolak balik di dua sisi kertasnya itu sama seperti percetakan buku. Kita sebenarnya bisa melakukannya dengan mengatur proses print di dalam Microsoft Word. Lalu bagaimana caranya?

Langsung saja mari kita ikuti langkah cara mencetak dokumen bolak balik pada kedua sisi kertas:
1. Bukalah dokumen yang ingin anda cetak
2. Klik Office Button >> klik ikon Print atau tekan tombol kombinasi Ctrl + P
3. Selanjutnya akan ditampilkan dialog Print,
Lihat gambar berikut
Gbr dialog Print cara print dokumen bolak balik
4. Lanjutkan dengan mengklik Properties seperti yang sudah dilingkari
5. Maka akan ditampilkan Properties sesuai dengan printer yang dipakai, contoh dalam bahasan ini, kami menggunakan printer Epson L550,
lihat gambar berikut
Langkah -langkah cara print dokumen bolak balik
>> Ini adalah tampilan properties dari printer Epson L550, jika anda memakai merk yang berbeda tampilannya akan berbeda pula. Selanjutnya beri tanda centang pada sub tab 2-Slide Printing (lihat gambar yang diberi lingkaran merah).
>> Lihat preview kertas di sebelah kiri bawah, sebelah bawah bagian kanan nampak terlipat. Tandanya pengaturan anda berhasil dan anda bisa mencetak dokumen bolak balik.
>> Setelah selesai klik OK dan lakukan proses pencetakan seperti biasa. Tunggu proses mencetaknya selesai hingga ada sebuah perintah untuk memasukan kertas kembali. Masukan kertas yang sama namun letakan bagian yang kosong di depan agar printer mencetak lembar baliknya di sana.

Demikian tutorial pendek cara mencetak dokumen bolak balik pad Microsoft Office word 2007. Cara in tentu sangat direkomendasik oleh banyak organisasi baik komersial atau sosial agar mampu melakukan penghematan kertas. Semoga bermanfaat, selamat mencoba.

0 Response to "Mencetak Dokumen Bolak Balik Dengan Microsoft Office Word 2007 "