Xiaomi Redmi 2: Jalan Menuju Generasi 64-bit


Xiaomi Redmi 1s merupakan salah satu merk smartphone yang agaknya telah menjadi favorit di sepanjang 2014 silam. Merk mumpuni yang sejajar dengan merk lain seperti Samsung dan Apple, dukungan hardware dan software Android terbaru, ditambah dengan harganya yang sangat terjangkau, membuat Redmi 1S diklaim sebagai ponsel favorit. Kini Xiaomi mempersiapkan generasi penerus bagi Redmi 1S, yakni Redmi 2. Generasi kedua seri Redmi telah dirilis ke pasaran akhir bulan Januari lalu. Akan tetapi sama seperti generasi pendahulunya, seri smartphone tersebut hanya bisa didapatkan lewat pembelian online.Xiaomi Redmi 2


Salah satu yang menarik dari seri Xiaomi Redmi 2 adalah kemampuan software-nya yang saat ini sudah mulai merambah ke era 64-bit. Jadi sebagai sekuel Redmi 1s, Redmi 2 menyajikan makanan pembuka yang lezat. Dan pada dasarnya merupakan peningkatan yang signifikan. Meski demikian, chipset yang disajikan berada dalam tingkatan lower-midrange, kendati hal ini tidaklah terlalu menjadi masalah mengingat Xiaomi membekali Redmi 2 dengan paket smartphone dengan OS Android terbaru dan konektivitas LTE – sebuah paket yang tentu saja tidak bisa disepelekan.



Spesifikasi Redmi 2


Boleh dibilang hampir tidak ada peningkatan berarti dari segi hardware, meski seri Redmi 2 sudah menggunakan prossesor 64-bit generasi terbaru, yakni 1.2 Ghz quad core (dengan chipset CPU besutan Qualcomm: Snapdragon 410 Cortex-A53); di luar chip dan prossesor yang digunakannya, Xiaomi juga membenamkan konektivitas terbaru berupa Cat. 4 LTE – sesuatu yang hilang dari generasi Redmi sebelumnya. Di luar prosessor dan konektivitas LTE, seri Redmi 2 masih menggunakan spesifikasi yang sama seperti pendahulunya, yakni memori internal sebesar 8GB (tersedia juga dalam varian 16GB), RAM sebesar 1GB (Anda akan mendapatkan RAM 2GB jika membeli varian 16GB), kamera belakang dengan resolusi 8MP dan kamera depan 2MP, serta baterai berkekuatan 2,200mAh. Layar 720p sebesar 4.7-inchi sudah lebih dari cukup; ergonomis dan juga pas untuk ukuran tangan orang kebanyakan.



Kinerja dan Kemampuan Redmi 2


Redmi 2 beroperasi dengan tenaga Snapdragon 410 yang berkecepatan sebesar 1.2GHz per core. Pengolah grafik dipersenjatai oleh Adreno 306 GPU dan RAM sebesar 1GB untuk memastikan kemulusan kinerjanya. Seperti sudah ditulis di atas, Redmi 2 juga menyediakan opsi RAM sebesar 2GB, yang hanya bisa didapatkan jika pelanggan membeli Redmi 2 dengan kapasitas internal sebesar 16GB.


Qualcomm menyediakan chipset generasi 64-bit terbaru, meski boleh dibilang apa yang tersedia adalah chipset yang paling murah. Teorinya, prossesor tersebut akan sedikit meningkatkan kinerja secara keseluruhan, meski Anda tidak bisa berharap banyak. Namun dilihat dari skenario besar, Redmi 2 menyediakan pengalaman menyelami smartphone yang maksimal – sebuah performa yang setara dengan harga dan pasarnya. Bagi para penggemar mobile photography, Redmi 2 menyajikan kualitas foto yang sangat bagus di kelasnya. Di Indonesia, Xiaomi Redmi 2 dijual dengan harga 1,8 jutaan.

0 Response to "Xiaomi Redmi 2: Jalan Menuju Generasi 64-bit"