Pengertian Fungsi dan rumus COUNTBLANK pada Excel

Rumus Excel Lengkap - Fungsi COUNTBLANK adalah salah satu rumus statistik pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah sel kosong di dalam rentang.

Penggunaan Fungsi Countblank dalam Excel

Dalam pengerjaan lembar kerja Microsoft Excel, terkadang kita memasukkan data dalam jumlah yang sangat besar misalnya saja lebih dari 100 baris dan 100 kolom. Ada kemungkinan bahwa beberapa sel dalam range ini tidak memiliki data sama sekali alias kosong. Untuk mengetahui ada berapa banyak sel yang kosong bisa dilakukan secara manual, namun untuk data dalam range yang sangat besar maka bisa dipergunakan fungsi Countblank.

Seperti namanya, fungsi Countblank pada Excel adalah untuk menghitung jumlah sel yang kosong dengan cepat dan mudah.

Sintaks fungsi Countblank adalah
COUNTBLANK(range)

Pada sintaks ini, range mengacu pada area atau rentang tabel yang ingin diketahui ada berapa banyak sel kosongnya.

Catatan penting, sebelum mulai menggunakan fungsi Countblank, anda perlu menonaktifkan fungsi perhitungan berulang. Hal ini akan membuat fungsi Countblank berfungsi dengan maksimal yaitu hanya menghitung sel yang kosong dan tidak menghitung sel dengan nilai 0.

Cara penonaktifan fungsi perhitungan berulang yaitu dengan klik tab File, lalu klik Opsi, lalu klik Rumus dan dibawah Opsi perhitungan, hapus kotak centang dan kemudian klik Ok.

Contoh penggunaan fungsi Countblank:
=COUNTBLANK(A1:D11), yang akan menghitung jumlah sel kosong pada range A1 sampai D11 misalnya menjadi 42 (jumlah sel kosong)
=COUNTBLANK(B5:G100), yang akan menghitung jumlah sel kosong pada range B5 hingga G24 misalnya menjadi 120 (jumlah sel kosong)

Cara Menggunakan Rumus COUNTBLANK Excel Sebagai Fungsi statistik

Fungsi statistik yang memakai rumus COUNTBLANK dalam Microsoft Excel bisa digunakan seperti pada penjelasan diatas. Begitulah penjelasan Fungsi COUNTBLANK Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus COUNTBLANK sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi statistik.

0 Response to "Pengertian Fungsi dan rumus COUNTBLANK pada Excel"