Cara Menggunakan Fungsi GROWTH Dalam Rumus Excel Statistik

Rumus GROWTH adalah salah fungsi statistik pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk menghitung prediksi pertumbuhan eksponensial dengan menggunakan data yang ada. Perhitungan dengan rumus growth excel ini banyak digunakan dalam dunia bisnis seperti menghitung pertumbuhan penjualan suatu product untuk mendapatakan pasar yang lebih luas.

Rumus GROWTH berfungsi mengembalikan nilai-y untuk serangkaian nilai-x baru yang Anda tentukan menggunakan nilai-x dan nilai-y yang ada. Anda juga dapat menggunakan fungsi lembar kerja GROWTH untuk menyesuaikan kurva eksponensial dengan nilai-x dan nilai-y yang ada.

Penjelasan lain tentang fungsi Growth adalah sebagi rumus yang menghitung nilai pertumbuhan dengan menggunakan data yang sudah diketahui sebelumnya. Bagaimana cara menghitung growth dengan excel? Perhatiakan sintax penuisan seperti dibawah ini.
Sintaks
  • =GROWTH(known_y's, [known_x's], [new_x's], [const]) atau
  • = GROWTH(y_diketahui,x_diketahui,x_dicari).

Keterangan Sintaks perhitungan fungsi Growth pada excel,
Known_y's    merupakan Set nilai-y sudah Anda ketahui dalam hubungan y = b*m^x. bagian ini diperlukan, karena Jika array known_y's berada dalam kolom tunggal, maka setiap kolom known_x's diinterpretasikan sebagai variabel terpisah. Dan Jika array known_y's berada dalam baris tunggal, maka setiap baris known_x's diinterpretasikan sebagai variabel terpisah.
Selanjutnya Jika ada angka dalam known_y's berupa 0 atau negatif, maka rumus Growth akan mengembalikan nilai kesalahan berupa #NUM!.
Known_x's    adalah Set nilai-x opsional mungkin sudah Anda ketahui di hubungan y = b*m^x. bagian ini bersifat Opsional, sesuai dengan kebutuhan data anda
New_x's    merupakan nilai-x baru yang akan diisi dengan nilai-y terkait yang dikembalikan Growth. Bagian ini juga Opsional.
Const adalah Nilai logika yang menentukan perlunya mendorong konstanta b agar sama dengan 1.

Keterangan Tambahan
Rumus yang mengembalikan array harus dimasukkan sebagai rumus array setelah memilih jumlah sel yang benar.
Saat memasukkan konstanta array untuk sebuah argumen seperti known_x's, gunakan koma untuk memisahkan nilai di baris yang sama dan titik koma untuk memisahkan baris.

Contoh kasus
Sebuah perusahaan sepeda motor, setelah pada tahun-tahun terakhir ini mengalami perkembangan pesanan yang tinggi, hal itu terus berlangsung hampir tiap bulan pesanan itupun meningkat. Nah agar pesanan dan produktifitas tidak terlalu kewalahan, maka sebagai pemilik perusahaan harus pintar-pintar membaca peluang pasar, sehingga untuk bulan-bulan kedepan dapat tersusun data pemasaran dan penjualan sepeda motor secara teratur.
Adapun hal yang penting untuk dipersiapkan dan dilakukan sebagai pemilik perusahaan adalah menyusun data penjualan sepeda motor 6 bulan terakhir,  hal itu sebagai acuan untuk bulan-bulan berikutnya.
Untuk lebih jelas lihat contoh berikut:
contoh data rumus excel growth
Dari data di atas nampak perkembangan penjualan yang pesat dari bulan 1 sampai 6. Adapun untuk mengetahui peluang pasar pada bulan-bulan berikutnya (bulan 7 sampai 12), maka kita harus bisa melakukan penghitungan dan perkiraan yang tepat
Untuk melakukan hal di atas kita bisa menggunakan formula yang sudah disediakan rumus excel yaitu GROWTH

Berikut langkah-langkah mengoperasikan rumus excel Growth array formula di C6:C17 adalah sebagai berikut:

  • Letakkan kursor pada sel C12 kemudian tulis rumus berikut
  • C12=GROWTH(C6:C11;B6:B11;B12:B17) 
  • Tekan enter dan lihat hasilnya.
  • Setelah muncul hasil rumus pada sel C12, selanjutnya anda bisa menggunakan Fill Handle untuk menarik data ke bawah sehingga secara otomatis data yang di bawah muncul.

Seperti data di bawah ini
hasil rumus excel growth

Dari hasil di atas telah ditampilkan peluang pasar untuk penjualan sepeda motor pada bulan 7 sampai 12, yaitu;
Bulan 7  peluang penjualan sekitar 3331.
Bulan 8 peluang penjualan sekitar 4664,
Bulan 9 peluang penjualan sekitar 6298, dan seterusnya sebagaimana data di atas.

Demikian sajian rumus excel lengkap tentang rumus excel Growth yang bisa kita aplikasikan dalam dunia bisnis atau usaha, semoga materi ini membantu. Terimakasih.

Anda juga bisa melihat tutorial tentang rumus excel Growth pada banyak video tutorial tentang excel di youtube, dan lainya. Fungsi statistik yang memakai rumus GROWTH dalam Microsoft Excel bisa digunakan seperti dalam contoh contoh kasus perhitungan perdaganan terutama penjualan seperti diatas.

Begitulah  penjelasan fungsi perhitungan rumus GROWTH pada Excel melalui tulisan sederhana dan mudah ini. Rumus GROWTH sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi statistik. Terima kasih.

2 Responses to "Cara Menggunakan Fungsi GROWTH Dalam Rumus Excel Statistik"

  1. bila angka sebelumnya negatif.....contoh : dr -4 menjadi 8, brp growth nya ?

    ReplyDelete