Fungsi Rumus Excel Trunc untuk Memudahkan Perhitungan

Fungsi TRUNC adalah salah satu rumus matematika pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk memotong angka menjadi bilangan bulat

Rumus Excel Trunc merupakan salah satu dari sebagian rumus Excel yang sangat berguna dan membantu segala pekerjaan Anda. Di sini Anda akan terbantu dengan pekerjaan yang melibatkan perhitungan angka bulat di dalamnya.

Untuk pengertiannya sendiri, rumus Trunc sendiri adalah rumus yang mana digunakan untuk menghilangkan atau memotong angka desimal atau angka yang berada di belakang koma. Tetapi tidak terjadi pembulatan angka ke atas atau ke bawah. Fungsi pembulatan dalam Excel sendiri diberi nama Trunc.

Cara Menggunakan Rumus TRUNC Excel Sebagai Fungsi Matematika

Untuk penulisan sintaknya sendiri, rumus Trunc ditulis dengan rumus:
TRUNC(number, [num_digits]) 
Penulisan fungsi trunc diatas dengan argumen atau keterangan seperti berikut:
• Number yang berarti adalah angka yang ingin Anda potong;
• Num_digits yang berarti adalah angka yang menentukan presisi dari pemotongan. Nilai default untuk num_digits sendiri adalah 0 (nol).

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, lalu apakah bedanya Trunc dan Int? Keduanya sama-sama mengembalikan bilangan bulat. Fungsi Trunc akan menghapus bagian pecahan pada sebuah angka. Sedangkan Int akan membulatkan angka hingga mencapai bilangan bulat yang paling terdekat berdasarkan dari bagian pecahan angka yang dimaksud.

Rumus Excel Trunc dan Int akan berbeda ketika menggunakan angka negatif. Seperti contoh TRUNC(-4.3) akan menghasilkan angka -4. Sedangkan ketika Anda menggunakan rumus INT(-4.3), maka ini akan menghasilkan angka -5, ini karena -5 adalah angka yang lebih kecil. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh di bawah ini,
penjelasan dan penggunaan rumus trunc pada excel
Pada contoh di atas jelas bisa dilihat, bahwa fungsi Trunc ini memotong atau membulatkan angka yang sedang Anda kerjakan, namun tidak dinaikkan atau diturunkan sesuai dengan rumus matematika konvensional biasa. Namun fungsi ini akan lebih merapikan angka Anda yang berada di belakang koma.

Tentunya dengan fungsi ini, Anda akan melihat hasil pekerjaan perhitungan angka Anda lebih rapi dan lebih mudah untuk dilakukan penghitungan. Memang fungsi ini mungkin masih terdengar asing bagi Anda, tetapi ketika Anda mengerjakan data pada Excel dan ingin mendapatkan bilangan bulat yang rapi, maka Anda bisa menggunakan Rumus Excel Trunc.

Begitulah penjelasan Fungsi TRUNC Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus TRUNC sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi matematika.

0 Response to "Fungsi Rumus Excel Trunc untuk Memudahkan Perhitungan"