Cara Menggunakan Rumus Excel Percentile dengan Mudah


Rumus Excel Lengkap - Jika Anda ingin mencari hitungan persentil menggunakan rumus Excel percentile, maka berikut ini adalah tutorial yang bisa Anda ikuti dengan mudah dan praktis. Sebagaimana kita ketahui, dalam hitungan statistik dikenal beberapa macam istilah. Istilah tersebut di antaranya yaitu mengenai pembagian data.

Pembagian data ini meliputi median atau kuartil 2, kuartil, desil dan persentil. Median akan membagi data menjadi dua bagian yang sama. Kuartil akan membagi data menjadi empat bagian yang sama. Desil akan membagi data ke dalam delapan bagian yang sama.

Sementara persentil akan membagi data menjadi seratus bagian yang sama. Fungsi ini bisa digunakan pada aplikasi Excel dengan praktis supaya pekerjaan bisa selesai lebih cepat.

Cara Menggunakan Rumus PERCENTILE Excel Sebagai Fungsi Kompatibilitas

Untuk menggunakan rumus Excel percentile ini, sesuai dengan keterangan dari aplikasi ini, maka Anda cukup menuliskan formula sebagai berikut:
=PERCENTILE(array,k)
Array merupakan range data yang bisa Anda isikan sesuai dengan rentang data yang ada pada kolom pekerjaan Anda. Sementara untuk nilai k bisa diisikan dengan nilai persentil yang diinginkan. Perhatikan contoh berikut ini:

1. Buat data pada kolom A dengan nilai data dari urutan terkecil ke terbesar seperti berikut.
2. Hitungan persentil bisa dilakukan sebagai berikut ini:

a. Untuk mendapatkan hasil persentil ke-100 pada kolom C3, maka Anda bisa memasukkan rumus:
=PERCENTILE(A3:A13,1)
b. Untuk mendapatkan hasil persentil ke-40 pada kolom C4, maka Anda bisa memasukkan rumus:
=PERCENTILE(A3:A13,0.4)
c. Untuk mendapatkan hasil persentil ke-70 pada kolom C5, maka Anda bisa memasukkan rumus:
=PERCENTILE(A3:A13,0.7)
Bagaimana? Cukup mudah bukan. Rumus ini bisa Anda terapkan dengan praktis untuk mengamati nilai data yang Anda ingin dapatkan ke dalam 100 bagian yang sama. Yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa nilai array tidak boleh kosong karena bisa memberikan hasil kesalahan berupa NUM #!. Sementara bila nilai k Anda isi dengan isian selain angka, maka akan ada kesalahan berupa #VALUE!. Anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai rumus Excel percentile ini dengan membuat beberapa contoh tabel dan data yang ingin Anda olah.

Fungsi PERCENTILE adalah salah satu rumus kompatibilitas pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengembalikan persentil nilai k-th dalam satu rentang

Begitulah penjelasan Fungsi dan rumus PERCENTILE Excel melalui  tutorial excel dasar yang mudah ini. Rumus PERCENTILE sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi kompatibilitas.

0 Response to "Cara Menggunakan Rumus Excel Percentile dengan Mudah"