Fungsi Rumus BIN2OCT pada Microsoft Excel

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba menjelaskan tentang rumus fungsi BIN2OCT pada Microsoft Excel. Fungsi rumus BIN2DEC ini berasar dari kata BIN atau binner, 2 adalah kata to yang berarti ke dalam bahasa inggris dan OCT yang memiliki arti Oktal.

Jadi fungsi rumus BIN2DEC digunakan untuk merubah atau mengkonversi bilangan binner yang hanya memiliki basis 2 angka yaitu 1 dan 0, menjadi bilangan oktal yang memiliki basis 8 angka, yaitu angka 0 sampai 7.

Fungsi BIN2OCT adalah salah satu rumus teknik pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengonversi angka biner menjadi oktal

Cara Menggunakan Rumus BIN2OCT Excel Sebagai Fungsi Teknik

Syntax dari Fungsi Rumus BIN2OCT dalam Microsoft Excel adalah
=BIN2OCT(number,[places])
Data number pada fungsi rumus Bin2DEC diisi dengan bilangan biner yang ingin di konversi atau di rubah menjadi bilangan oktal. Sedangkan data places merupakan data opsional jumlah karakter yang digunakan. Jika anda menghilangkan places dalam rumus fungsi BIN2OCT, maka akan secara otomatis rumus fungsi BIN2OCT akan menggunakan jumlah minimum karakter yang diperlukan.

Sebagai contoh, jika anda ingin merubah angka biner 1001 ke dalam bilangan oktal 3 karakter dalam Microsoft Excel menggunakan fungsi rumus BIN2OCT, anda cukup menuliskan =BIN2OCT(1001,3) maka, hasil yang akan keluar dalam cell tersebut adalah 011 karena hasil konversi 1001 pada biner menuju oktal adalah 011.

Lalu anda juga tidak boleh mengisikan angka yang akan dikonversikan menuju angka desimal lebih dari 10 karakter atau 10bit. Karena jika anda menuliskan lebih dari 10 karakter atau 10 bit, maka fungsi rumus BIN2OCT akan menghasilkan nilai #NUM! pada cell.

Anda juga dapat memasukan data number pada fungsi rumus BIN2OCT pada cell lain, jadi anda hanya tinggal memasukan alamat cell yang angka binernya ingin anda rubah menjadi bilangan oktal. Untuk lebih jelasnya, anda dapat melihat cara penggunaan dan penulisan syntax rumus fungsi BIN2OCT yang benar pada gambar.

Fungsi teknik yang memakai rumus BIN2OCT dalam Microsoft Excel bisa digunakan seperti dalam video Excel berikut. Begitulah penjelasan Fungsi BIN2OCT Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus BIN2OCT sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi teknik.

0 Response to "Fungsi Rumus BIN2OCT pada Microsoft Excel"