Penggunaan Fungsi Rumus GAMMALN pada Microsoft Excel

Tutorial dasar penggunaan rumus excel. Kali ini adalah cara penggunaan fungsi dan rumus GAMMALN pada Microsoft Excel. Mungkin sudah banyak dari anda yang menggunakan salah satu program pengolah data dari Microsoft Office yang bernama Microsoft Excel ini. Tetapi tahukah anda bahwa di dalam Microsoft Excel ini terdapat beberapa fungsi rumus yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel ini sendiri dan dapat kita gunakan untuk mempermudah pekerjaan kita dalam mengolah data?

Ada banyak sekali fungsi rumus yang tersedia pada Microsoft Excel. Tetapi kali ini saya akan coba membahas tentang fungsi rumus GAMMALN yang ada pada Microsoft Excel. Fungsi Rumus GAMMALN ini dapat kita gunakan untuk mencari logaritma asli dari fungsi gamma.

Cara Menggunakan Rumus GAMMALN Excel Sebagai Fungsi Statistik

Fungsi GAMMALN adalah salah satu rumus statistik pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengembalikan logaritma natural fungsi gamma, ?(x). Syntax dari Fungsi Rumus GAMMALN ini sendiri cukup simpel dan mudah. Anda hanya perlu menuliskan:
=GAMMLN(x)
 Dengan ketentuan untuk mencari logaritma asli suatu nilai dari fungsi gamma. X pada fungsi rumus ini adalah merupakan nilai yang akan kita kalkulasikan dengan menggunakan fungsi rumus GAMMALN dalam Microsoft Excel.

Dalam fungsi rumus GAMMALN ini, jika nilai x diisi dengan data nonnumerik atau bukan merupakan angka, maka otomatis fungsi rumus GAMMALN ini akan menghasilkan nilai #VALUE!. Jika x ≤ 0, maka secara otomatis fungsi rumus GAMMALN akan menghasilkan nilai #NUM!. Fungsi GAMMALN dihitung sebagai berikut :
dimana :
Untuk lebih jelasnya, anda bisa langsung melihat gambar yang telah saya sediakan sebagai contoh penggunaan rumus GAMMALN pada Microsoft Excel ini.
contoh penggunaan gammaln
Hasil data penggunaan rumus gammaln pada Excel
Fungsi statistik yang memakai rumus GAMMALN dalam Microsoft Excel bisa digunakan seperti dalam video Excel berikut.

Begitulah penjelasan fungsi rumus GAMMALN Excel melalui tutorial yang mudah ini. Rumus GAMMALN sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi statistik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

0 Response to "Penggunaan Fungsi Rumus GAMMALN pada Microsoft Excel"