Penggunaan Rumus Fungsi DPRODUCT pada Microsoft Excel

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk membagikan salah satu penggunaan Rumus Fungsi pada Microsoft Excel yang bernama Rumus Fungsi DPRODUCT. Penjelasan singkat tentang rumus fungsi DPRODUCT ini adalah rumus yang mengalikan semua nilai di dalam data yang telah anda pilih sesuai dengan kriteria yang telah anda tetapkan sebelumnya.

Fungsi DPRODUCT adalah salah satu rumus database pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengalikan nilai dalam bidang rekaman tertentu yang cocok dengan kriteria dalam database

Cara Menggunakan Rumus DPRODUCT Excel Sebagai Fungsi database

Syntax dari Fungsi rumus DPRODUCT dalam Microsoft Excel ini cukup sederhana. Anda hanya perlu menulis
=DPRODUCT(database, field, criteria)
Penulisan rumus excel diatas  dengan ketentuan sebagai berikut :

• database adalah range cell yang anda buat. Isi dari database ini adalah daftar yang berisikan informasi data yang anda gunakan sebagai database pada rumus DPRODUCT.

• field adalah indikasi kolom yang akan anda gunakan sebagai penentu kriteria yang telah anda buat sebelumnya.

• criteria adalah cell yang anda gunakan sebagai kriteria pengalian dalam penggunaan rumus fungsi DPRODUCT dalam Microsoft Excel ini.

Untuk lebih mudahnya, anda dapat melihat gambar yang telah saya sediakan. Pada gambar tersebut, kolom A1 sampai E7 adalah Database yang akan kita gunakan. Sedangkan pada kolom G1 sampai H2 merupakan kriteria yang akan kita gunakan.

Penulisan fungsi rumus DPRODUCT pada kasus ini adalah
=DPRODUCT(A1:E7;B1;G1:H2)
A1:E7 merupakan range database yang kita gunakan. B1 adalah field yang kita gunakan sebagai acuan kriteria yang sudah kita buat pada range G1:H1 yang merupakan kriteria.

Dengan database, field dan kriteria yang tersedia, maka rumus fungsi DPRODUCT adakan mengalikan semua tinggi pohon apel yang lebih dari 3. Jika anda ingin memastikan apakah penulisan rumus fungsi anda benar atau salah, anda bisa mencoba untuk mengalikan database secara manual. 18 x 14 x 8 adalah 2016. Karena ketiga data apel di dalam tabel memenuhi kriteria yang kita buat, yaitu lebih dari tiga.

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda dalam penguasaan Rumus Fungsi Microsoft Excel. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Fungsi database yang memakai rumus DPRODUCT dalam Microsoft Excel bisa digunakan seperti dalam tutorial rumus excel seperti diatas. Begitulah penjelasan Fungsi DPRODUCT Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus DPRODUCT sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi database.

0 Response to "Penggunaan Rumus Fungsi DPRODUCT pada Microsoft Excel"