Konversi Format Teks ke Numerik dengan Rumus Excel VALUE

Rumus excel Lengkap - Fungsi VALUE adalah salah satu rumus teks pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengonversi argumen teks menjadi angka.

Fungsi dari rumus Excel VALUE sangat berguna terutama bila Anda ingin mengkonversi nilai format teks dari sebuah isian data menjadi data numerik. Ini berarti Excel akan secara otomatis melakukan nilai perhitungan dari data yang Anda masukkan menggunakan berbagai macam simbol hitungan yang ada.

Tentunya ini sangat berguna terutama bila Anda sering kesulitan pada saat memasukkan contoh pemakaian rumus pada Excel. Fungsi dari rumus ini sendiri tidak berlaku pada penggabungan teks yang terlalu panjang dan tidak memiliki arti hitungan. Excel akan secara otomatis menganggapnya sebagai sebuah nilai kesalahan pada kolom yang akan diformat menggunakan rumus ini.

Supaya lebih mudah, contoh kasus dari penggunaan rumus ini adalah sebagai berikut. Pada saat Anda memasukkan isian data berupa 25/04/2012, isian yang semula dianggap format tanggal oleh Excel ini kemudian akan dikonversikan menjadi penghitungan pembagian (25 dibagi 4 dibagi 2012) saat Anda menggunakan rumus Excel VALUE. Ini tidak akan berlaku pada saat Anda memiliki data berupa kalimat panjang seperti “jeruk purut 6 biji”.

Cara Menggunakan Rumus VALUE Excel Sebagai Fungsi Teks

 Perhatikan langkah untuk melakukan konversi berikut ini:
1. Siapkan data isian sebagai berikut.
2. Mulai masukkan rumus dengan syntax sebagai berikut ke dalam kolom yang akan Anda gunakan sebagai tempat konversi:
=VALUE(text)
3. Tarik kolom yang sudah dikonversi ke bawah untuk menyalin format VALUE yang sudah Anda masukkan sebelumnya.
4. Lihat pada isian data dengan format selain hitungan atau fungsi dasar lain yang dikenal Excel. Kolom tersebut akan berisi pesan kesalahan #VALUE! yang menunjukkan bahwa data tidak dikenal.

Konversi sel dari bentuk teks ke dalam numerik ini memang cukup bermanfaat terutama pada saat Anda memiliki banyak data yang akan diubah menjadi format perhitungan. Anda bisa mencoba menggunakan fungsi dasar hitungan lain yang dikenal oleh Excel. Cara ini tentunya membuat Anda menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan juga praktis.

Tutorial kali ini tentunya sangat mudah untuk Anda lakukan. Selain rumus Excel VALUE, Anda bisa membaca posting kami yang lain karena masih ada banyak lagi rumus-rumus yang bisa Anda pakai untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Begitulah penjelasan Rumus VALUE Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus VALUE sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi teks.

0 Response to "Konversi Format Teks ke Numerik dengan Rumus Excel VALUE"