Penggunaan Rumus Fungsi CLEAN pada Microsoft Excel


Fungsi CLEAN adalah salah satu rumus teks pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk menghapus semua karakter tidak tercetak dari teks.

Sering kita melihat ada karakter yang tidak dapat dibaca pada lembar kerja Microsoft Excel kita. Dan ketika kita akan mencetak lembar kerja tersebut, maka hasil yang dihasilkanpun menjadi tidak bagus. Oleh karena itu sekarang saya akan menjelaskan Rumus Fungsi CLEAN pada Microsoft Excel.

Cara Menggunakan Rumus CLEAN Excel Sebagai Fungsi Teks

Fungsi teks yang memakai rumus CLEAN dalam Microsoft Excel bisa digunakan seperti dalam video Excel berikut.

Fungsi dari rumus CLEAN pada Microsoft Excel adalah untuk menghapus semua karakter yang tak dapat dicetak dari teks. Jika biasanya anda mengimport teks dari aplikasi lain ke dalam lembar kerja Microsoft Excel dan tidak dapat tercetak pada Sistem Operasi anda, anda dapat menggunakan fungsi rumus CLEAN ini pada lembar kerja Microsoft Excel anda.

Syntax dari Fungsi Rumus CLEAN pada microsoft Excel adalah
=CLEAN(text)
Dengan keterangan data text harus anda isi dengan data yang tidak dapat anda cetak dan ingin anda hapus.

Contoh langsung dari penggunaan rumus fungsi CLEAN adalah sebagai berikut. Anda coba masukan data berikut ke dalam kolom A2 =CHAR(7)&"Rumus CLEAN"&CHAR(8). Maka hasil yang akan muncul pada kolom A 2 adalah Rumus CLEAN. Penggunaan rumus CLEAN ini akan bekerja untuk menghilangkan karakter yang tidak sempurna pada komputer anda, anda tinggal menuliskan =CLEAN(A2) misalnya pada kolom B2. Maka hasil yang akan keluar pada kolom B2 adalah Rumus CLEAN.

Kurang lebih seperti itulah penggunaan fungsi rumus CLEAN dalam Microsoft Excel. Anda bisa melihat gambar yang telah disediakan sebagai contoh lebih jelasnya. Semoga artikel ini berguna dan dapat menambah wawasan anda tetang rumus fungsi dalam Microsoft Excel.

Begitulah penjelasan Fungsi CLEAN Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus CLEAN sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi teks. Nantikan artikel rumus fungsi Microsoft Excel pada artikel berikutnya. Sampai jumpa dan salam semangat

0 Response to "Penggunaan Rumus Fungsi CLEAN pada Microsoft Excel"