Pengertian Rumus Fungsi DURATION pada Microsoft Excel

Rumus Excel Lengkap - Salah satu rumus fungsi keuangan yang dapat kita temukan dalam Microsoft Excel adalah Rumus Fungsi DURATION. Rumus fungsi ini memiliki fungsi untuk melakukan kalkulasi dari durasi, khususya durasi Macaulay dari ebuah nilai yang dibayar secara periodik dengan asumsi nilai tersebut adalah setara dengan $100.

Fungsi DURATION adalah salah satu rumus keuangan pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengembalikan nilai durasi tahunan dari sekuritas dalam pembayaran bunga secara berkala.

Cara Menggunakan Rumus DURATION Excel Sebagai Fungsi Keuangan

Syntax yang digunakan dalam Fungsi Rumus DURATION pada Microsoft Excel adalah
=DURATION(settlement, maturity, coupon, yld, frequency,[basis])
dengan keterangan sebagai berikut :
• Settlement adalah salah satu data yang harus anda isi. Dalam rumus fungsi ini, settlement mengacu pada tanggal penetapan. Contohnya tanggal pembelian kupon.
• Maturity adalah data yang juga harus anda isi. Maturity disini mengacu pada tanggal jatuh tempo. Contohnya adalah tanggal kadaluarsa dari kupon.
• Coupon juga adalah data yang harus anda isi. Dalam rumus fungsi ini, Coupon mengacu pada nilai persentase dari kupon tersebut.
• Yld juga wajib anda isi sebagai nilai persentase dari laba tahunan yang didapatkan.
• Frequency juga wajib anda isi dengan jumlah pembayaran kupon per tahun. Nilai dari frequency ini :
    1 = annual
    2 = semi annual
    4 = per kuarter
• Basis adalah data opsional yang artinya anda tidak wajib mengisinya. Basis disini merupakan tipe perhitungan hari yang digunakan. Nilai dari Basis itu sendiri adalah 0 atau sama dengan AS (NASD) 30 / 360
Fungsi keuangan yang memakai rumus DURATION dalam Microsoft Excel bisa digunakan seperti dalam tutorial rumus Excel dasar seperti diatas. Begitulah penjelasan Fungsi DURATION Excel sebagai bagian dari fungsi keuangan ini. Rumus DURATION sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan dokumen laporan keuangan yang banyak digunakan untuk pekerjaan kantoran sehari-hari.

0 Response to "Pengertian Rumus Fungsi DURATION pada Microsoft Excel"