Penggunaan Fungsi Rumus GCD pada Microsoft Excel

Fungsi GCD adalah salah satu rumus matematika pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengembalikan faktor persekutuan terbesar. Salah satu fungsi rumus yang ada pada Microsoft Excel salah satunya adalah Fungsi Rumus GCD.

Rumus GCD ini adalah singkatan dari Greatest Common Divisor atau Nilai Pembagi Terbesar yang biasa kita sebut sebagai FPB atau Faktor Persekutuan Terbesar pada pelajaran Matematika saat kita ada di Sekolah Dasar dulu.
contoh pemakaian rumus fungsi GCD excel

Jadi Fungsi Rumus GCD ini akan secara otomatis menghasilkan nilai pembagi terbesar dari dua integer atau lebih. Atau yang kita pelajari pada saat kita ada di Sekolah Dasar dulu, Faktor Persekutuan Terbesar adalah bilangan bulat terbesar yang dapat membagi habis 2 angka atau lebih. Dan Fungsi Rumus GCD pada Microsoft Excel ini akan secara otomatis menghasilkan nilai FPB tersebut untuk anda.

Cara Menggunakan Rumus GCD Excel Sebagai Fungsi Matematika

Syntaks dari Fungsi Rumus ini adalah
=GCD(number1, number2, ...)
Number1 dan seterusnya ini anda isi dengan angka yang akan anda cari FPB atau Faktor Persekutuan Terbesarnya.

Pada Rumus Fungsi GCD ini, jika anda memasukan data yang nonnumerik atau data yang bukan angka, maka secara otomatis rumus GCD ini akan menghasilkan nilai #VALUE!. Jika data kurang dari nol atau kosong, maka secara otomatis fungsi rumus GCD akan menghasilkan nilai #NUM!.

Sebagai contohnya, anda dapat langsung melihat gambar contoh yang telah saya sediakan. Semoga saja artikel ini dapat membantu anda dalam menggunakan fungsi rumus GCD atau Greatest Common Divior ini. Sampai jumpa pada artikel berikutnya. Fungsi matematika yang memakai rumus GCD dalam Microsoft Excel bisa digunakan seperti dalam tutorial rumus excel dasar diatas.

Begitulah penjelasan Fungsi GCD Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus GCD sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi matematika. Semoga membantu.

0 Response to "Penggunaan Fungsi Rumus GCD pada Microsoft Excel"