Penjelasan Fungsi dan Rumus INDIRECT pada Microsoft Excel

Rumus Excel Lengkap - Fungsi INDIRECT adalah salah satu rumus referensi pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengembalikan referensi yang ditunjukkan dengan nilai teks.

Fungsi INDIRECT ini dimanfaatkan dalam menggunakan Data yang Sama pada lembar kerja secara dinamis. Fungsi INDIRECT digunakan untuk mengembalikan referensi sel yang ditentukan oleh string teks. Untuk menggunakannya, Anda harus memasukkan referensi sel ke dalam sel yang sedang dibaca oleh fungsi.

Fungsi ini memiliki kegunaan terbatas. Oleh karena itu, biasanya dikombinasikan dengan fungsi yang lain seperti rumus SUM dan juga rumus excel OFFSET.  Sintaks dari fungsi INDIRECT pada pengolah data excel adalah:
= INDIRECT (Ref_Text, A1)

Ref-teks adalah referensi valid atau range yang sudah diberinama (Diperlukan).
  • A1 adalah nilai logis (TRUE atau FALSE pada, y) yang menentukan apa gaya referensi sel yang terkandung dalam argumen Ref_text.
  • Jika A1 adalah TRUE, Ref_text ditafsirkan oleh fungsi sebagai menggunakan referensi sel A1-gaya yang lebih umum.
  • Jika A1 adalah SALAH, Ref-teks ditafsirkan oleh fungsi dengan menggunakan referensi sel R1X1-gaya kurang umum.

Cara Menggunakan Rumus INDIRECT Excel Sebagai Fungsi referensi


Fungsi referensi yang memakai rumus INDIRECT dalam Microsoft Excel bisa digunakan seperti dalam video Excel berikut.

Begitulah penjelasan Fungsi INDIRECT Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus INDIRECT sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi referensi.

Perhitungan menjadi kegiatan sehari-hari bagi mereka yang berurusan dengan angka. Dalam laporan keuangan, adakalanya diperlukan pembuatan formula yang variabel. Namun, dibutuhkan waktu untuk mengubahnya formula tersebut setiap waktu secara manual. Ini tidaklah efektif. Ambil contoh ketika Anda memiliki data yang sama terformat secara terpisah pada beberapa lembar. Kemudian, Anda ingin menggunakan data yang sama pada lembar kerja yang berbeda tersebut secara dinamis. Untuk tujuan ini, Anda dapat memanfaatkan kegunaan dari fungsi INDIRECT. Ini akan sangat membantu menghemat waktu tanpa harus mengubah formula yang sudah dibuat sebelumnya dengan yang baru untuk menggunakan data yang sama pada lembar kerja yang berbeda.

0 Response to "Penjelasan Fungsi dan Rumus INDIRECT pada Microsoft Excel"