Mengenal Fungsi dan Rumus Excel Skew Pada Excel

Fungsi SKEW adalah salah satu rumus statistik pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengembalikan nilai kecondongan distribusi. Rumus Excel Skew mungkin masih terdengar asing bagi Anda, namun siapa sangka, dibalik tampilan tabelnya ini, dengan menggunakan rumus yang tepat, Anda bisa mengoptimalkan penggunaan Excel ini, termasuk menggunakan rumus Skew.

Rumus Skew ini memiliki fungsi untuk mengembalikan nilai kecondongan pada distribusi. Lebih sederhananya, Anda bisa melakukan penghitungan kurva pada program Excel dengan sederhana tanpa harus menghitungnya terlebih dahulu secara manual.

Seperti kita ketahui, untuk menghitung kurva, kita bisa melihat dari derajat ketidaksimetrisan dari kurva tersebut. Jika sebuah kurva frekuensi memiliki ekor yang cenderung lebih panjang ke kanan, maka ini bisa dikatakan positif, dan jika memiliki ekor yang memanjang ke kiri, maka dapat disimpulkan bahwa ini merupakan tanda negatif. Secara teori perhitungan, skewness adalah momen ketiga terhadap mean.

Cara Menggunakan Rumus SKEW Excel Sebagai Fungsi Statistik

Distribusi normal dan distribusi simetris lainnya, misalnya distribusi R memiliki skewness 0. Dengan menggunakan Rumus Excel Skew, maka Anda tak perlu lagi melakukan perhitungan yang rumit secara manual. Untuk rumus sintaknya sendiri, rumus Skew ini memiliki sintak sebagai berikut:
SKEW(number1, [number2], ...)
Yang memiliki argumen atau pengertian sebagai berikut:
• Number1, number2 ... Number1 adalah angka yang paling dibutuhkan dan tak boleh dikosongkan. Sedangkan angka selanjutnya adalah opsional. Number1 sendiri merupakan angka 1-255 yang merupakan argumen yang ingin Anda hitung skewness-nya. Anda juga dapat menggunakan array tunggal atau referensi ke array, bukan argumen yang dipisahkan oleh koma.

Argumen sendiri bisa merupakan angka, nama atau juga array atau referensi yang berisi angka-angka. Untuk nilai logika sendiri dan teks representasi angka yang Anda ketikan secara langsung ke dalam daftar argumen akan dihitung secara otomatis. Sedangkan jika Anda mengisikan array atau argumen dengan teks, nilai logika atau sel kosong, maka nilai tersebut akan otomatis di abaikan, akan tetapi, sel dengan nilai nol dimasukkan.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat contohnya di bawah ini
pemakaian rumus skew pada excel

dari gambar di atas, Anda bisa melihat rumus skew bekerja. Untuk menghitung nilai skewness pada sel C3, Anda hanya tinggal mengetikkan formula =SKEW(A3:A13) sebagai Rumus Excel Skew.

Begitulah penjelasan Fungsi SKEW Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus SKEW sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi statistik.

0 Response to "Mengenal Fungsi dan Rumus Excel Skew Pada Excel"