Memahami Fungsi Alamat Cell Dalam Penulisan Rumus Microsoft Excel

Rumus excel lengkap: Alamat cell adalah pertemuan antara kolom dan baris dalam program microsoft excel, alamat cell akan menunjukkan posisi kursor berada dan cell mana yang sedang aktif.  Misalnya cell A5 berarti kursor berada pada kolom A baris ke 5.
Memahami alamat cell sangat penting terutama dalam proses penulisan rumus excel sehingga
tidak terjadi kekeliruan dan kesalahan, alamat cell apa yang cocok untuk dimasukkan dalam rumus sehingga hasil yang kita harapkan sesuai dengan proses penghitungan yang kita lakukan.

Berikut adalah Alamat Cell yang ada pada program aplikasi Microsoft Office Excel.
Pertama, Alamat Cell Relatif.
Yaitu alamat cell biasa yang jika disalin ke cell lain, maka rumus atau data yang ada di dalamnya akan menyesuaikan perpindahan kolom dan baris tersebut.
Alamat cell relatif bentuk penulisan adalah A1.
Penggunaan alamat cell ini biasanya untuk data tunggal maksudnya data dalam 1 kolom atau 1 baris.
Contoh data
Contoh data alamat cell relatif
Untuk menentukan jumlah dari data di atas kita cukup menggunakan alamat cell relatif, yaitu B4 dan C4. Sementara pada kolom D4 (Jumlah) setelah dilakukan proses penjumlahan dengan rumus kita bisa langsung menarik ke bawah dan secara otomatis akan ditampilkan hasilnya. Data yang keluar akan menyesuaikan perpindahan baris.

Kedua Alamat Cell Semi Kolom
Alamat Cell Semi Absolut Kolom yaitu hasil penulisan rumus excel yang apabila disalin ke kolom lain tidak akan dipengaruhi oleh perubahan kolom itu tetapi jika disalin ke baris lain rumus itu akan mengikuti perubahan baris.
Maksudnya alamat kolom kita kunci supaya tidak berubah ketika dilakukan penyalinan ke kolom lain.
Adapun untuk mengunci, baik kolom maupun baris dibutuhkan tanda ($). Penempatan tanda $ disesuaikan dengan alamat cell apa yang akan di kunci.

Bentuk penulisan Alamat Cell Semi Absolut Kolom adalah di awali dengan tanda ($), misalnya $B1. Artinya Kolom B kita kunci sedang baris 1 masih bebas.
Lihat contoh data untuk Alamat semi absolut kolom
Contoh data alamat cell semi absolut kolom

Ketiga Alamat Cell Semi Absolut Baris 
Alamat Cell Semi Absolut Baris yaitu hasil penulisan rumus excel yang apabila disalin ke Baris lain tidak akan dipengaruhi oleh perubahan Baris itu tetapi jika disalin ke Kolom lain rumus itu akan mengikuti perubahan Kolom.
Maksudnya alamat Baris kita kunci supaya tidak berubah ketika dilakukan penyalinan ke baris lain.
Adapun untuk mengunci, baik kolom maupun baris dibutuhkan tanda ($). Penempatan tanda $ disesuaikan dengan alamat cell apa yang akan di kunci.

Bentuk penulisan Alamat Cell Semi Absolut Baris tanda ($) di taruh ditengah, misalnya B$1. Artinya Kolom B kita buat relatif atau bebas sedang baris 1 kita kunci.
Lihat contoh data untuk Alamat semi absolut Baris
Contoh data alamat cell semi absolut baris

Keempat Alamat Cell Absolut.
Alamat Cell Absolut adalah alamat cell pasti (cell yang sudah terkunci) baik kolom maupun baris  sudah dikunci sehingga tidak terpengaruhi dengan pergeseran kemanapun.
Bentuk penulisan alamat cell absolut menggunakan tanda $ di awal dan di tengah. contoh: $B$1 yang berarti Kolom B dan Baris 1 sudah sama-sama terkunci.
Contoh data untuk alamat cell absolut
Contoh data alamat cell Absolut


Untuk lebih jelas lihat contoh penggunaan untuk semua alamat cell di bawah ini:
Contoh data alamat cell lengkap

Keterangan
Untuk menghitung data di atas ketentuannya sebagai berikut
=Jumlah Beli x Harga satuan x Besar potongan
Maka, Bentuk rumus pada data di atas adalah
D9=$B9*C$8*$C$4

Keterangan Rumus;
Data Jumlah beli berada di kolom B baris ke 9 sampai 13, kalo di copy atau ditarik ke bawah data harus berubah tetapi kalo di copy ke kanan data tidak boleh berubah. So alamat itu dijadikan Semi Absolut Kolom (kolomnya saja yang dikunci)>>$B9
Harga satuan berada pada cell C8 sampai G8, maka ketika hasil rumus di copy atau ditarik ke samping maka data harus berubah sedang kalo ke bawah data tetap, jadi alamat cell yang pas adalah Semi Absolut Baris (Barisnya saja yang dikunci)>>C$8
Data besar potongan (10%) hanya satu dan berada di cell yang satu (C4) maka ketika di copy atau ditarik tidak boleh berubah. Jadi harus di jadikan alamat cell Absolut (dikunci kolom dan baris)>>$C$4

Cukup sekian sajian rumus excel lengkap tentang  Memahami Fungsi Alamat Cell Dalam Penulisan Rumus Microsoft Excel. Semoga menjadi alternatif dalam mengembangkan program ini. Semoga manfaat....silahkan anda coba yaa

0 Response to "Memahami Fungsi Alamat Cell Dalam Penulisan Rumus Microsoft Excel"