Cara Menghitung Rentang Hari Dengan Rumus Microsoft Excel

Rumus excel lengkap-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara menghitung rentang waktu antara satu tanggal dengan tanggal yang lain. Maksudnya, menghitung waktu atau hari tentang terjadinya suatu acara yang direncanakan.
misalnya, beberapa hari yang akan datang kita mempunyai acara atau agenda-agenda penting, sementara waktu dan  tanggalnya sudah ditentukan, maka dengan rumus yang telah disediakan excel kita bisa mengitung kurang berapa hari lagi acara atau agenda kita akan terlaksana.
Dalam perencanaan suatu kegiatan/acara, menggunakan rumus excel ini sangatlah penting, karena secara otomatis kita dibisa selalu mengontrol persiapan-persiapan untuk acara tersebut. Jadi setiap hari kita akan mengetahui ada rentang waktu berapa hari menuju tanggal kegiatan tersebut terlaksana.
Teman-teman yang bekerja di lembaga pendidikan, organisasi dan atau instansi lain yang sering mengadakan kegiatan-kegiatan, baik kegiatan siswa, organisasi atau lainnya, serta yang mempunyai program-prrogram kegiatan tertentu, baik sifatnya mingguan, bulanan atau tahunan. Maka perlu melakukan pengaturan data supaya semua program itu bisa dikontrol.
Rumus apakah yang digunakan untuk mengetahui rentang waktu tersebut???

Cara Menghitung Rentang Hari dengan Rumus Excel
Untuk  mengetahui hasil dari keinginan itu maka kita gunakan kombinasi rumus sebagaimana terlihat pada contoh penggunaan berikut:
contoh data menghitung rentang hari
Dari data di atas kita akan mencari Rentang Hari, kurang berapa harikah pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang sudah diprogramkan??
Solusinya gampang Lho…..kita cukup mengurangkan saja tanggal yang telah kita tulis dengan tanggal sekarang atau hari.
Adapun pada contoh data di atas kolom tanggal berda di cell C4, untuk melakukan rentang tanggal sekarang maka rumus yang digunakan adalah DAY atau menggunakan fungsi TODAY sehingga setiap hari rentang waktu itu akan otomatis berubah.
Sedangkan untuk menambahkan teks bisa kita awali dengan tanda dan (&) jangan lupa teks kita apit dengan tanda petik dua("). Sehingga seperti terlihat pada gambar di atas rumusnya bisa kita tulis :
Jadi bentuk penulisan rumus untuk data di atas adaah sebagai berikut:
  • =C4-TODAY()&" Hari Lagi" 
Lihat hasilnya sebagai berikut:
contoh hasil menghitung rentang hari
Jelas sudah keterangan rentang hari pelaksanaan kegiatan yang akan terjadi. Dengan demikian kita bisa mempersiapkan hal-hal yang diperlukan dalam kegiatan itu.
Keterangan pada rentang hari akan selalu berubah, Silakan mencoba...dan jadikan semua agendamu begitu menyenangkan.......

Demikian sajian rumus excel lengkap tentang cara menghitung hari terlaksananya kegiatan yang suah direncanakan. Semoga materi ini membantu…amin..

0 Response to "Cara Menghitung Rentang Hari Dengan Rumus Microsoft Excel "