Koleksi Software Animasi 3D dan 2D Terbaik

Kata animasi berasal dari bahasa latin anima, yang secara harfiah berarti jiwa (soul), atau animare yang artinya nafas kehidupan. Inilah software animasi 3D dan 2D terbaik saat ini. Dalam bahasa Inggris, animation yang berasal dari kata animated atau juga to animate, yang artinya membawa hidup atau bergerak. Jadi disini kita akan menghidupkan sebuah gambar melalui Software animasi 3d dan 2d.

1. Software Animasi 2D
Dalam artikel software animasi 3d dan 2d, pertama akan membahas Software animasi 2D yang merupakan software yang digunakan untuk bisa mencipta animasi tradisional (flat animation), yang umumnya mempunyai kemampuan untuk bisa menggambar, mengatur gerak, dan beberapa dapat mengimpor suara. Contoh dari Software Animasi 2D ini adalah: Macromedia Flash, Adobe Flash, Macromedia Director, dan sebagainya.

software animasi terbaik
2. Software Animasi 3D
Pada artikel software animasi 3d dan 2d ini juga membahas Software animasi 3D yang mempunyai fasilitas dan juga kemampuan yang canggih untuk bisa membuat animasi 3 dimensi. Fasilitas dan juga kemampuan tersebut antara lain, membuat obyek 3D, pemberian efek, pengaturan gerak kamera, import video dan juga suara, serta masih banyak lagi fiturnya. Beberapa software animasi 3D memiliki kemampuan khusus, misalnya untuk animasi figure atau manusia, animasi landscape atau pemandangan, animasi title atau judul, dll. Karena kemampuannya yang canggih ini, dalam penggunaannya pun diperlukan pengetahuan yang cukup tinggi dan terkadang sangat rumit. Saat ini ada banyak jenis software animasi yang ada di pasaran, dari software yang mempunyai kemampuan sederhana sampai yang kompleks, dari yang gratis sampai berharga puluhan juta rupiah. Software-software animasi yang umum digunakan sebagai berikut:

A.  Macromedia Flash
Macromedia Flash adalah software animasi 3d dan 2d yang sedang populer sekarang ini untuk dapat membuat dan memanipulasi grafik dan animasi. Sekarang ini namanya adalah Adobe Flash, yang sebelumnya dikenal juga sebagai Macromedia Flash. Software ini ialah salah satu program yang umum digunakan untuk dapat membuat halaman web animasi, membuat video player dan juga aplikasi audio streaming. File flash berekstensi .SWF ataupun Shockwave Flash, meskipun banyak jenis file lainnya yang bisa dilihat atau dimanipulasi dengan menggunakan software ini.

B. AnimPixels
AnimPixels adalah software animasi 3d dan 2d untuk film animasi khusus pada Isometric Pixel Art. Menggunakan komponen film kita sendiri, atau download dari web, untuk bisa membuat film animasi asli.

C. Easy GIF Animator 5 pro
Software animasi 3d dan 2d selanjutnya ialah Easy GIF Animator 5 pro yang merupakan software kuat namun juga sangat mudah untuk membuat dan mengedit sebuah gambar GIF animasi. Dengan animasi GIF editor ini kita dapat dengan mudah membuat gambar animasi, banner dan juga tombol dalam waktu singkat. Sobat bisa menggunakan fitur-fitur khusus untuk dapat menambahkan efek visual yang menakjubkan dan juga mempersiapkannya untuk dipublikasikan pada halaman web kita.

Dengan menggunakan laptop yang mumpuni, kemampuan menggunakan Software Animasi 3D dan 2D ini akan menghasilkan karya yang sangat bagus. Tentu perlu banyak berlati dan terus berlatih. Selamat berkarya!

0 Response to "Koleksi Software Animasi 3D dan 2D Terbaik"