Penjelasan Rumus dan Fungsi MINUTE pada Microsoft Excel

Rumus Excel Lengkap - Fungsi MINUTE adalah salah satu rumus tanggal dan waktu pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengonversi nomor seri menjadi menit.

Selain fungsi HOUR atau fungsi jam, ada juga yang dikenal dengan nama fungsi MINUTE atau fungsi menit yang akan mengembalikan nilai menit dari nilai waktu yang ada. Angka menit merupakan sebuah bilangan bulat yang berkisar dari 0 sampai 59.

Cara Menggunakan Rumus MINUTE Excel Sebagai Fungsi tanggal dan Waktu

Sintaks untuk fungsi MINUTE adalah:
MINUTE(serial_number)
Penjelasan untuk serial_number yang dimaksudkan pada sintaks ini mengacu pada waktu yang memuat menit yang ingin ditemukan. Penulisan waktu itu sendiri bisa menggunakan berbagai cara misalnya dengan memasukkan alamat sel yang memuat waktu tersebut atau bisa juga dengan memasukkan rangkaian teks waktu itu sendiri yang diapit oleh tanda kutip.

Penggunaan hasil dari rumus atau fungsi lain juga bisa dipergunakan untuk menuliskan serial number itu sendiri, misalnya saja TIMEVALUE(“5:20 PM”)

Misalnya saja kita memiliki data waktu sebagai berikut:
penjelasan rumus minute pada excel
Kita bisa menggunakan fungsi MINUTE untuk mengembalikan nilai waktu dengan beberapa cara misalnya:
=MINUTE(A2), yang akan mengembalikan menit pada waktu di kolom A2 menjadi 24
=MINUTE(“00:10:54”) yang akan mengembalikan menit pada waktu di kolom A3 menjadi 10
=MINUTE(A4), yang akan mengembalikan menit pada waktu di kolom A4 menjadi 57
=MINUTE(“26:30:55”), yang akan mengembalikan menit pada waktu di kolom A5 menjadi 30. Data yang akan dikembalikan adalah data menitnya saja dan tidak melihat data dari jam ataupun detik dan tidak mengenal arti pembulatan

Begitulah penjelasan Fungsi MINUTE Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus MINUTE sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi tanggal dan waktu.

0 Response to "Penjelasan Rumus dan Fungsi MINUTE pada Microsoft Excel"