Fungsi Rumus BIN2DEC pada Microsoft Excel

Fungsi BIN2DEC adalah salah satu rumus teknik pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengonversi angka biner menjadi desimal.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba menjelaskan tentang rumus fungsi BIN2DEC pada Microsoft Excel. Fungsi rumus BIN2DEC ini berasar dari kata BIN atau binner, 2 adalah kata to yang berarti ke dalam bahasa inggris dan DEC yang memiliki arti Desimal.

Jadi fungsi rumus BIN2DEC digunakan untuk merubah atau mengkonversi bilangan binner yang hanya memiliki basis 2 angka yaitu 1 dan 0, menjadi bilangan desimal yang memiliki basis 10 angka, yaitu 1 sampai 10.

Cara Menggunakan Rumus BIN2DEC Excel Sebagai Fungsi Teknik

Syntax dari Fungsi Rumus BIN2DEC dalam Microsoft Excel adalah
=BIN2DEC(number)
Data number pada fungsi rumus Bin2DEC diisi dengan angka biner yang ingin di konversi atau di rubah menjadi angka desimal.

Sebagai contoh, jika anda ingin merubah angka biner 101 dalam Microsoft Excel menggunakan fungsi rumus BIN2DEC, anda cukup menuliskan =BIN2DEC(101) maka, hasil yang akan keluar dalam cell tersebut adalah 5 karena hasil konversi 101 pada biner menuju desimal adalah 5.

Lalu anda juga tidak boleh mengisikan angka yang akan dikonversikan menuju angka desimal lebih dari 10 karakter atau 10bit. Karena jika anda menuliskan lebih dari 10 karakter atau 10 bit, maka fungsi rumus BIN2DEC akan menghasilkan nilai #NUM! pada cell.

Anda juga dapat memasukan data number pada fungsi rumus BIN2DEC pada cell lain, jadi anda hanya tinggal memasukan alamat cell yang angka binernya ingin anda rubah menjadi desimal. Untuk lebih jelasnya, anda dapat melihat cara penggunaan dan penulisan syntax rumus fungsi BIN2DEC yang benar pada gambar.

Rumus BIN2DEC sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi teknik.

0 Response to "Fungsi Rumus BIN2DEC pada Microsoft Excel"