Penggunaan Rumus Fungsi IMCOS pada Microsoft Excel

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu fungsi rumus pada Microsoft Excel, yaitu fungsi rumus IMCOS. sebagi fungsi teknik, rumus dan fungsi IMCOS ini memiliki kegunaan untuk mengembalikan nilai kosinus hiperbolik dari bilangan kompleks dalam format teks x + yi atau x + yj.

Fungsi IMCOS adalah salah satu rumus teknik pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengembalikan nilai kosinus dari bilangan kompleks

Cara Menggunakan Rumus IMCOS Excel Sebagai Fungsi Teknik


contoh penggunaan rumus imcos funsi teknik

Syntax untuk fungsi rumus ini adalah
=IMCOS(number)
Number pada syntax fungsi rumus IMCOS diisi dengan bilangan kompleks yang ingin anda balikan nilai konsnusnya. Anda bisa menggunakan COMPLEX untuk mengkonversi koefisien riil dan koefisien imajiner ke dalam bilang kompleks.

Yang perlu anda perhatikan pada saat menulis syntax fungsi rumus IMCOS ini adalah jika pada syntax fungsi rumus IMCOS anda mengisi nilai number dengan nilai logika, maka fungsi rumus IMCOS akan menghasilkan nilai #VALUE!. Nilai konsunus dari bilangan kompleks adalah :

dasar penulisan rumus imcos excel

Agar lebih mudah dalam mengerti fungsi rumus IMCOS, anda dapat melihat gambar yang telah kami sediakan. Pada contoh gambar yang ada, Data yang akan kita ganti nilainya menjadi bilangan kompleks adalah 1+i. Jadi anda hanya perlu menulis fungsi rumus =IMCOS(A2) karena pada cell A2 telah ada Data berupa 1+i. Atau anda juga bisa dapat memasukan data secara manual dengan mengetik =IMCOS("1+i").

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda tentang fungsi rumus pada Microsoft Excel, khususnya Fungsi Rumus IMCOS. Fungsi teknik yang memakai rumus IMCOS dalam Microsoft Excel bisa digunakan seperti dalam tutoraol rumus excel dasar diatas.

Begitulah penjelasan Fungsi IMCOS Excel melalui tutorial yang mudah ini. Rumus IMCOS sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi teknik. Semoga membantu.

0 Response to "Penggunaan Rumus Fungsi IMCOS pada Microsoft Excel"