Fungsi Rumus Excel Now untuk Memudahkan Pekerjaan

Rumus Excel Now adalah salah satu rumus yang mungkin penting untuk Anda ketahui jika Anda setiap harinya bekerja dengan berkutat pada worksheet Excel. Sebagai salah satu produk terbaik dari Microsoft, Excel diberikan kemudahan dalam pengerjaan setiap tugas di dalamnya dengan penggunaan rumus-rumus yang sangat membantu setiap pekerjaan Anda. Ratusan rumus bisa Anda temukan di Excel, dari rumus yang simpel hingga rumus yang rumit sekalipun jika Anda mengetahuinya maka segala pekerjaan Anda akan mudah.

Salah satu rumus yang paling simpel yang bisa Anda pelajari saat ini adalah rumus NOW. Sesuai dengan namanya, NOW di sini berarti akan menunjukkan waktu dan tanggal pada saat ini. Rumus ini akan memberikan hasil yang akurat dari waktu, tanggal dan bulan saat ini, juga akan terus diperbaharui ketika setiap kali worksheet melakukan kalkulasi ulang.

Cara Menggunakan Rumus NOW Excel Sebagai Fungsi Tanggal dan Waktu

Tak ada parameter atau argumen untuk fungsi rumus Excel Now. Maka ini mengapa fungsi rumus ini adalah fungsi rumus yang paling gampang untuk dipraktikkan dan paling gampang untuk diingat bahkan untuk Anda yang tak memahami betul tentang rumus rumit di Excel. Sintak untuk fungsi Now ini adalah:
NOW()
Untuk lebih jelasnya, Anda bisa memerhatikan contoh di bawah ini bagaimana menggunakan fungsi ini dan di mana Anda harus menempatkannya.

penjelasan rumus NOW pada Microsoft Excel
Dari contoh di atas, Anda bisa melihat bagaimana hasil dari fungsi Now ini bekerja. Anda dapat melihat bahwa di kolom A1, Anda akan melihat tanggal, bulan, tahun bahkan jam dari tabel Anda. Spreadsheet akan terus menampilkan nilai ini, sampai worksheet melakukan kalkulasi ulang. Dengan menekan tombol F9 pada papan ketuk Anda, Anda dapat memaksa worksheet untuk menghitung ulang dan fungsi Now akan memperbaharui nilai. Terutama pada nilai jam yang terus berubah setiap detiknya.

Tak hanya menampilkan waktu saja, namun fungsi ini juga dapat memiliki fungsi lain seperti:
=NOW()-0.5"
Rumus ini akan menampilkan tanggal dan waktu 12 jam yang lalu dari sekarang atau setengah hari yang lalu dari sekarang.
=NOW()+6
Rumus ini akan menampilkan tanggal dan waktu 7 hari ke depan dari tanggal dan waktu saat ini.

Mudah bukan untuk mempraktikkan rumus Excel Now. Fungsi NOW adalah salah satu rumus tanggal dan waktu pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengembalikan nomor seri dari tanggal dan waktu saat ini

Begitulah penjelasan rumus NOW Excel melalui video tutorial yang mudah ini. Rumus NOW sangat berguna dalam meringankan pekerjaan perhitungan terutama yang berhubungan dengan fungsi tanggal dan waktu.

0 Response to "Fungsi Rumus Excel Now untuk Memudahkan Pekerjaan"