Dan pada kesempatan yang baik ini mari kita lanjutkan pembahasan tentang rumus excel dan penggunaannya dalam dokumen.
Pada artikel yang lalu kami sudah membahas tentang Cara menghitung dan menentukan jumlah Baris di dokumen excel, dengan menggunakan rumus excel ROW dan rumus excel ROWS. Agar materi rumus excel kita lengkap, maka pada artikel kali ini pembahasan terfokus pada Cara Mengetahui Jumlah Kolom yang digunakan dalam dokumen excel. Terutama tentang rumus excel COLUMN dan COLUMNS
Artikel kali ini rumus excel lengkap akan memberikan bahasan tentang bagaimana menghitung dan atau menentukan jumlah Kolom atau Column yang digunakan pada dokumen yang dikelola.
Dokumen yang berupa tabel pasti terdiri dari Baris dan Kolom, namun kadang kita tidak mengetahui berapa Kolom yang kita gunakan dan pada posisi Kolom berapa data kita. Maka perlu kita pelajari agar keterangan-keterangan tentang data dan dokumen kita jelas.
failitas rumus excel yang berfungsi mengetahui posisi dan jumlah kolom dalam dokumen excel adalah rumus excel COLUMN dan Rumus excel COLUMNS
Pembahasan
Cara Menghitung dan Menentukan Jumlah Kolom Pada Dokumen Excel
Untuk mengetahui jumlah Kolom dan posisi Kolom, excel menyediakan rumus uantuk mengetahui semua itu. Rumus excel yang bisa kita gunakan adalah COLUMN dan COLUMNS.
Rumus Excel COLUMN
adalah salah satu rumus dalam formula Lookup and Reference, yang berfungsi mengetahui posisi Kolom suatu data yang kita kelola. Mengunakan fungsi ini kita akan mengetahui bahwa data kita berada pada Kolom tertentu, sehingga mempermudah kita posisi data kita.
Sintaks rumus ini adalah
- =COLUMN(Reference)
Contoh penggunaan rumus excel COLUMN dalam data
berikut adalah contoh data untuk rumus Column
Kita akan mencari posisi Kolom pada data tiap-tiap Nama Barang.
Rumus yang digunakan adalah COLUMN, yaitu;
B4= COLUMN (B3) Enter
Hasilnya seperti berikut:
Dari data di atas setelah di masukkan rumus COLUMN, hasilnya sebagai berikut:
Nama Barang Televisi berada pada kolom ke 2, bentuk rumusnya =COLUMN(B3)
Nama Barang Kulkas berada pada kolom ke 3, bentuk rumusnya =COLUMN(C3)
Nama Barang Radio berada pada kolom ke 4, bentuk rumusnya =COLUMN(D3)
Nama Barang Komputer berada pada kolom ke 5, bentuk rumusnya =COLUMN(E3)
Nama Barang Mesin Cuci berada pada kolom ke 6, bentuk rumusnya =COLUMN(F3)
Nama Barang Kipas Angin berada pada kolom ke 7, bentuk rumusnya =COLUMN(G3)
Nama Barang Megic Jer berada pada kolom ke 8, bentuk rumusnya =COLUMN(H3)
Timbul pertanyaan, lah nomor Kolom koq sama dengan nomor aslinya. Emang,,karena posisi Kolom dihitung sesuai dengan nomor Kolom pada lembar kerja excel. Jadi nomor Kolom yang kita cari dengan nomor Kolom asli excel sama. Yaitu perhitungan kolom dimulai dari kolom A.
setelah pembahasan tentang rumus excel COLUMN, selanjutnya adalah
Cara Menghitung Jumlah Kolom Dokumen Excel
Rumus Excel COLUMNS.
Bagaimana dengan rumus excel ini??
Kalo rumus excel COLUMN untuk menentukan posisi Kolom, tapi COLUMNS —pake s—digunakan untuk menghitung jumlah Kolom yang kita gunakan pada dokumen atau data yang kita kelola.
Maksudnya berapakah jumlah Kolom yang sedang kita pake membuat dokumen!!
Sintaks rumus ini adalah
- = COLUMNS (Array)
Untuk lebih jelas lihat contoh data di bawah ini
Bagaimana bentuk penulisan rumus untuk mencari atau menentukan Jumlah Kolom pada data di atas?
Pada cell I4 tulis rumus
= COLUMNS (B4:H4) Enter
Dan lihat hasilnya
Jadi jumlah Kolom yang digunakan pada data di atas sebanyak 7 kolom.
Pembahasan di atas merupakan keterangan dasar tentang penggunaan rumus COLUMN dan COLUMNS, kita bisa mengembangkan untuk mengetahui kegunaan-kegunaan lain rumus tersebut.
Sekian dulu materi singkat dari rumus excel lengkap tentang cara mengetahui Jumlah Kolom data dengan rumus excel. Semoga membantu teman-teman. Terimakasih.
0 Response to "Fungsi Rumus Excel COLUMN dan COLUMNS dalam Dokumen Excel 2007"